Judul | PRO-PERFORM POLINEF : Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak / Nur Sakinah, S.ST., M.Tr.Kom |
Pengarang | Budiman, S.T., M.T (Mentor) Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch) |
Penerbitan | Makassar : Puslatbang KMP RI LAN Makassar, 2024 |
Deskripsi Fisik | 59 ;30 |
Subjek | Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak |
Abstrak | Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan terintegrasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk membentuk karakter dan profesionalisme ASN. Salah satu program yang diharuskan adalah Pelatihan Dasar (Latsar), yang bertujuan menanamkan nilai-nilai dasar ASN dan kompetensi yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Penyelenggaraan Latsar menggabungkan pembelajaran klasikal dan non-klasikal, mengedepankan penerapan nilai-nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BERAKHLAK) Metode PBL merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa (Student Centered Leaming). Mahasiswa dituntut menjadi lebih aktif dalam menggali sebuah konsep serta mengambil kesimpulan dari proyek dan kasus yang dipelajari Melalui konsep PBL, organisasi jurusan senantiasa memicu skill kemandirian, kolaborasi, dan kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini. Keberhasilan implementasi PBL uga dipengaruhi oleh sinergi dan kolaborasi antar entitas PBL Oleh karena itu perlu dirancang dan dibangun lingkungan yang memungkinkan interaksi antar entitas dapat berjalan efektif Di Politeknik Negeri Fakfak, Jurusan Manajemen Informatika menerapkan metode Project Based Leaming (PBL) untuk meningkatkan relevansi pembelajaran dan keterampilan praktis mahasiswa. Namun, pelaksanaan PBL belum optimal karena kurangnya perangkat pembelajaran seperti panduan, RPS, dan rubrik penilaian Oleh karena itu, penyediaan perangkat pembelajaran yang lengkap menjadi krusial untuk mengoptimalkan pembelajaran PBL dan meningkatkan kualitas lulusan di Jurusan Manajemen Informatika Melalui isu tersebut diperoleh gagasan kreatif sebagai solusi yaitu "Optimalisisi Pembelajaran Project Based Learning melalui Pembuatan Panduan, RPS dan Rubrik penilaian di Jurusan manajemen Informatika Politeknik Negeri Faktak", dengan melengkapi perangkat pembelajaran. Seperti panduan PBL RPS, Rubrik penilai yang belum menerapkan prinsip prinsip metode PBL, melengkapi panduan teknis Project based Learning pada Jurusan Manajemen Informatika. Untuk mewujudkan gagasan kreatif tersebut kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama masa habituasi adalah sebagai berikut: Melakukan kajian pustaka terkait panduan Project Based Learning (PBL), rencana pembelajaran semester (RPS) dan rubrik penilaian, Menyusun draft panduan proses pembelajaran Project Based Learning dan rubrik penilaian, Melakukan finalisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming, rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian, Sosialisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming. rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian. |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Lokasi Akses Online | PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000018508 | ||
005 | 20241120011115 | ||
007 | ta | ||
008 | 241120###########################0###### | ||
035 | # | # | $a 0010-1124000174 |
245 | # | # | $a PRO-PERFORM POLINEF : $b Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak /$c Nur Sakinah, S.ST., M.Tr.Kom |
260 | # | # | $a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 |
300 | # | # | $a 59 ; $c 30 |
520 | # | # | $a Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan terintegrasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk membentuk karakter dan profesionalisme ASN. Salah satu program yang diharuskan adalah Pelatihan Dasar (Latsar), yang bertujuan menanamkan nilai-nilai dasar ASN dan kompetensi yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Penyelenggaraan Latsar menggabungkan pembelajaran klasikal dan non-klasikal, mengedepankan penerapan nilai-nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BERAKHLAK) Metode PBL merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa (Student Centered Leaming). Mahasiswa dituntut menjadi lebih aktif dalam menggali sebuah konsep serta mengambil kesimpulan dari proyek dan kasus yang dipelajari Melalui konsep PBL, organisasi jurusan senantiasa memicu skill kemandirian, kolaborasi, dan kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini. Keberhasilan implementasi PBL uga dipengaruhi oleh sinergi dan kolaborasi antar entitas PBL Oleh karena itu perlu dirancang dan dibangun lingkungan yang memungkinkan interaksi antar entitas dapat berjalan efektif Di Politeknik Negeri Fakfak, Jurusan Manajemen Informatika menerapkan metode Project Based Leaming (PBL) untuk meningkatkan relevansi pembelajaran dan keterampilan praktis mahasiswa. Namun, pelaksanaan PBL belum optimal karena kurangnya perangkat pembelajaran seperti panduan, RPS, dan rubrik penilaian Oleh karena itu, penyediaan perangkat pembelajaran yang lengkap menjadi krusial untuk mengoptimalkan pembelajaran PBL dan meningkatkan kualitas lulusan di Jurusan Manajemen Informatika Melalui isu tersebut diperoleh gagasan kreatif sebagai solusi yaitu "Optimalisisi Pembelajaran Project Based Learning melalui Pembuatan Panduan, RPS dan Rubrik penilaian di Jurusan manajemen Informatika Politeknik Negeri Faktak", dengan melengkapi perangkat pembelajaran. Seperti panduan PBL RPS, Rubrik penilai yang belum menerapkan prinsip prinsip metode PBL, melengkapi panduan teknis Project based Learning pada Jurusan Manajemen Informatika. Untuk mewujudkan gagasan kreatif tersebut kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama masa habituasi adalah sebagai berikut: Melakukan kajian pustaka terkait panduan Project Based Learning (PBL), rencana pembelajaran semester (RPS) dan rubrik penilaian, Menyusun draft panduan proses pembelajaran Project Based Learning dan rubrik penilaian, Melakukan finalisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming, rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian, Sosialisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming. rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian. |
650 | # | 4 | $a Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak |
700 | 0 | # | $a Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch) |
700 | 0 | # | $a Budiman, S.T., M.T (Mentor) |
856 | # | # | $a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :