
Judul | Panduan Menggunakan Mendeley / Adhe Sofyan Anas, S.K.M., M.Kes |
Pengarang |
Dr. Rasyika Nurul Fadjriah, S.K.M., M.Kes (Mentor) Wahyuni Fajaruddin, S.H., M.H. (Coach) |
Penerbitan |
Makassar : Puslatbang KMP RI LAN Makassar, 2024 |
Deskripsi Fisik |
41 ;30 |
Subjek |
Membuat panduan penggunaan Mendeley bagi mahasiswa di FKM UNTAD |
Abstrak |
Selama melaksanakan tugas dan fungsi ASN di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako, ditemukan beberapa isu yang memerlukan pemecahan masalah untuk menyelesaikannya. Adapun beberapa isu tersebut adalah Belum optimalnya penggunaan pengelolaan referensi dan sitasi dikalangan mahasiswa sebagai sarana optimalisasi penulisan tugas akhir di Prodi Kesmas FKM UNTAD, tingginya penggunaan angket/kuesioner cetak dalam tugas akhir mahasiswa di Prodi Kesmas FKM UNTAD, belum optimalnya penerapan LMS di website Prodi Kesmas FKM UNTAD dan masih terdapat pemberian hadiah atau bingkisan dari mahasiswa saat ujian skripsi di Prodi Kesmas FKM UNTAD. Berdasarkan hasil analisis menggunakan teknik tapisan isu APKL, diperoleh hasil penilaian tertinggi yaitu 18 poin yang terdapat pada isu "belum optimalnya penggunaan pengelolaan referensi dan sitasi dikalangan mahasiswa sebagai sarana optimalisasi penulisan tugas akhir di Prodi Kesmas FKM UNTAD" sehingga hal tersebut dijadikan sebagai isu utama. Pembelajaran pengelolaan referensi dan sitasi ini masih belum optimal dilakukan terhadap mahasiswa, Dimana mahasiswa masih belajar secara mandiri melalui media sosial atau belajar melalui temannya yang sudah paham terkait penggunaan pengeloaan referensi dan sitasi khususnya Mendeley tersebut.
Berdasarkan analisis masalah yang telah dilakukan dengan metode Fishbone Diagram, dapat ditentukan gagasan kreatif untuk menyelesaikan core issue yaitu mengoptimalkan pengelolaan referensi dan sitasi dikalangan mahasiswa sebagai sarana optimalisasi penulisan tugas akhir di FKM UNTAD melalui "pengadaan media berupa panduan penggunaan mendeley". Sehingga demi mewujudkan gagasan kreatif yang telah ditetapkan, maka dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang tercapainya gagasan kreatif selama masa habituasi yaitu membuat panduan penggunaan mendeley bagi mahasiswa di FKM UNTAD, melakukan publikasi panduan penggunaan mendeley di website dan sosial media instagram FKM UNTAD, melakukan sosialisasi panduan kepada mahasiswa di FKM UNTAD dan melakukan evaluasi hasil kegiatan. |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Lokasi Akses Online |
PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000018523 | ||
005 | 20241121081532 | ||
007 | ta | ||
008 | 241121###########################0###### | ||
035 | # | # | $a 0010-1124000189 |
245 | # | # | $a Panduan Menggunakan Mendeley /$c Adhe Sofyan Anas, S.K.M., M.Kes |
260 | # | # | $a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 |
300 | # | # | $a 41 ; $c 30 |
520 | # | # | $a Selama melaksanakan tugas dan fungsi ASN di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako, ditemukan beberapa isu yang memerlukan pemecahan masalah untuk menyelesaikannya. Adapun beberapa isu tersebut adalah Belum optimalnya penggunaan pengelolaan referensi dan sitasi dikalangan mahasiswa sebagai sarana optimalisasi penulisan tugas akhir di Prodi Kesmas FKM UNTAD, tingginya penggunaan angket/kuesioner cetak dalam tugas akhir mahasiswa di Prodi Kesmas FKM UNTAD, belum optimalnya penerapan LMS di website Prodi Kesmas FKM UNTAD dan masih terdapat pemberian hadiah atau bingkisan dari mahasiswa saat ujian skripsi di Prodi Kesmas FKM UNTAD. Berdasarkan hasil analisis menggunakan teknik tapisan isu APKL, diperoleh hasil penilaian tertinggi yaitu 18 poin yang terdapat pada isu "belum optimalnya penggunaan pengelolaan referensi dan sitasi dikalangan mahasiswa sebagai sarana optimalisasi penulisan tugas akhir di Prodi Kesmas FKM UNTAD" sehingga hal tersebut dijadikan sebagai isu utama. Pembelajaran pengelolaan referensi dan sitasi ini masih belum optimal dilakukan terhadap mahasiswa, Dimana mahasiswa masih belajar secara mandiri melalui media sosial atau belajar melalui temannya yang sudah paham terkait penggunaan pengeloaan referensi dan sitasi khususnya Mendeley tersebut. Berdasarkan analisis masalah yang telah dilakukan dengan metode Fishbone Diagram, dapat ditentukan gagasan kreatif untuk menyelesaikan core issue yaitu mengoptimalkan pengelolaan referensi dan sitasi dikalangan mahasiswa sebagai sarana optimalisasi penulisan tugas akhir di FKM UNTAD melalui "pengadaan media berupa panduan penggunaan mendeley". Sehingga demi mewujudkan gagasan kreatif yang telah ditetapkan, maka dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang tercapainya gagasan kreatif selama masa habituasi yaitu membuat panduan penggunaan mendeley bagi mahasiswa di FKM UNTAD, melakukan publikasi panduan penggunaan mendeley di website dan sosial media instagram FKM UNTAD, melakukan sosialisasi panduan kepada mahasiswa di FKM UNTAD dan melakukan evaluasi hasil kegiatan. |
650 | # | 4 | $a Membuat panduan penggunaan Mendeley bagi mahasiswa di FKM UNTAD |
700 | 0 | # | $a Dr. Rasyika Nurul Fadjriah, S.K.M., M.Kes (Mentor) |
700 | 0 | # | $a Wahyuni Fajaruddin, S.H., M.H. (Coach) |
856 | # | # | $a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :