
Judul | KANA BELI AIR : Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako / apt. Sri Sulistiana Sulaiman , S.Farm., M.Si |
Pengarang | Dr. Lif.Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc., M.Lif.Sc (Mentor) Irmayani, S.AP., M.I.Kom (Coach) |
Penerbitan | Makassar : Puslatbang KMP RI LAN Makassar, 2024 |
Deskripsi Fisik | 70 ;30 |
Subjek | Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako |
Abstrak | Kegiatan aktualisasi ini berfokus pada peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Tadulako. Berdasarkan pengamatan, ditemukan isu utama bahwa masih banyak mahasiswa farmasi yang kesulitan memahami materi yang berkaitan dengan perhitungan dosis dan analisis resep, yang menjadi dasar penting bagi keterampilan mereka dalam bidang kefarmasian. Kurangnya pemahaman ini tidak hanya berdampak pada hasil akademik yang rendah, tetapi juga dapat menghambat keterampilan praktik mahasiswa yang penting dalam dunia kerja nantinya. Sebagai upaya untuk mengatasi isu tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan aktualisasi yaitu pembuatan media pembelajaran interaktif berupa flipbook dan mengadakan pembelajaran yang lebih interaktif melalui game edukasi. Flipbook digunakan untuk menyajikan materi secara sistematis dan menarik, sehingga mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri. Sementara itu, game edukasi diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan interaksi dan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan aktualisasi telah terlaksana dengan baik melalui 6 kegiatan yang terdiri dari 21 tahapan kegiatan yang direncanakan serta dibuktikan melalui hasil evaluasi mahasiswa lewat pre testdan post test diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa sebesar 25,72%. |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Lokasi Akses Online | PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000018574 | ||
005 | 20241126021611 | ||
007 | ta | ||
008 | 241126###########################0###### | ||
035 | # | # | $a 0010-1124000240 |
245 | # | # | $a KANA BELI AIR : $b Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako /$c apt. Sri Sulistiana Sulaiman , S.Farm., M.Si |
260 | # | # | $a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 |
300 | # | # | $a 70 ; $c 30 |
520 | # | # | $a Kegiatan aktualisasi ini berfokus pada peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Tadulako. Berdasarkan pengamatan, ditemukan isu utama bahwa masih banyak mahasiswa farmasi yang kesulitan memahami materi yang berkaitan dengan perhitungan dosis dan analisis resep, yang menjadi dasar penting bagi keterampilan mereka dalam bidang kefarmasian. Kurangnya pemahaman ini tidak hanya berdampak pada hasil akademik yang rendah, tetapi juga dapat menghambat keterampilan praktik mahasiswa yang penting dalam dunia kerja nantinya. Sebagai upaya untuk mengatasi isu tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan aktualisasi yaitu pembuatan media pembelajaran interaktif berupa flipbook dan mengadakan pembelajaran yang lebih interaktif melalui game edukasi. Flipbook digunakan untuk menyajikan materi secara sistematis dan menarik, sehingga mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri. Sementara itu, game edukasi diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan interaksi dan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan aktualisasi telah terlaksana dengan baik melalui 6 kegiatan yang terdiri dari 21 tahapan kegiatan yang direncanakan serta dibuktikan melalui hasil evaluasi mahasiswa lewat pre testdan post test diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa sebesar 25,72%. |
650 | # | 4 | $a Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako |
700 | 0 | # | $a Dr. Lif.Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc., M.Lif.Sc (Mentor) |
700 | 0 | # | $a Irmayani, S.AP., M.I.Kom (Coach) |
856 | # | # | $a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :