
Judul | PEMILUM : Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Lumio / Andita Nur Sakinah Lili Budi Arti, M.Pd |
Pengarang | Prof. Dr. Abdulrasyid Tolangara, S.Sos., MPA (Mentor) Zulchaidir, S.Sos., MPA (Coach) |
Penerbitan | Makassar : Puslatbang KMP RI LAN Makassar, 2024 |
Deskripsi Fisik | 60 ;30 |
Subjek | Platform digital yang memungkinkan pembelajaran interaktif, kolaboratif, dan berbasis teknologi |
Abstrak | Salah satu cara untuk membangun motivasi belajar mahasiswa pada materi fisiologi tumbuhan adalah dengan menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna.Penggunaan media pembelajaran yang tepar akan membantu mahasiswa membangun pengetahuan dan pemahamannya secara mandiri yang secara tidak langsung dapat meningkatkan semangatdan motivasinya dalam belajar. Berdasarkan rumusan penetapan isu yang paling prioritas sesuai dengan SMART ASN dan Manajemen ASN. Dosen ASN yang menggunakan Lumio menunjukkan kemampuan teknologi yang canggih, yang menjadi salah satu kriteria Smart ASN. Lumio merupakan platform digital yang memungkinkan pembelajaran interaktif, kolaboratif, dan berbasis teknologi, sehingga penggunaannya meningkatkan kecakapan dosen dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pendidikan. Sebagai bagian dari tugas dosen ASN yang berperan dalam pelayanan publik di sektor pendidikan, penerapan Lumio meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Dosen yang menggunakan Lumio memberikan pelayanan pendidikan yang lebih interaktif dan adaptif, sesuai dengan prinsip berorientasi pelayanan dalam Manajemen ASN. Untuk pemecahan isu terkait kurangnya penerapan media pembelajaran kampus, ada beberapa gagasan kreatif yang bisa diterapkan, yaitu Lumio di 1. Sosialisasi dan Pelatihan: Mengadakan pelatihan dan sosialisasi untuk dosen dan mahasiswa tentang penggunaan Lumio sebagai media pembelajaran interaktif. Hal ini akan membantu seluruh pihak memahami dan memanfaatkan fitur-fitur Lumio secara maksimal. 2. Integrasi Lumio dalam Kurikulum: Media pembelajaran interaktif seperti Lumio dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum berbagai mata kuliah, terutama yang memerlukan pemahaman konsep abstrak atau yang membutuhkan kolaborasi. . Pengembangan Inovasi dalam Proses Pembelajaran: Penerapan Lumio akan 3. memungkinkan mahasiswa untuk lebih terlibat secara aktif dan kolaboratif dalam pembelajaran, sehingga mereka dapat membangun pemahaman secara mandiri dan meningkatkan motivasi. 4. Penggunaan Fitur Interaktif. Lumio menyediakan fitur-fitur seperti kuis, polling, dan rugas interaktif yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa secara real-time, sehingga memungkinkan adanya umpan balik instan dari dosen. 5. Optimalisasi Penggunaan Teknologi: Pemanfaatan gawai pribadi dan akses internet yang stabil menjadi hal penting untuk menunjang penggunaan Lumio. Ini bisa didukung dengan peningkatan infrastruktur teknologi di kampus. 6. Evaluasi dan Umpan Balik: Setelah penerapan Lumio, evaluasi berkala mengenai efektivitas media ini dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa perlu dilakukan. Pengumpulan data melalui angket dan tes dapat memberikan insight untuk perbaikan berkelanjutan |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Lokasi Akses Online | PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000018604 | ||
005 | 20241129111100 | ||
007 | ta | ||
008 | 241129###########################0###### | ||
035 | # | # | $a 0010-1124000270 |
245 | # | # | $a PEMILUM : $b Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Lumio /$c Andita Nur Sakinah Lili Budi Arti, M.Pd |
260 | # | # | $a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 |
300 | # | # | $a 60 ; $c 30 |
520 | # | # | $a Salah satu cara untuk membangun motivasi belajar mahasiswa pada materi fisiologi tumbuhan adalah dengan menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna.Penggunaan media pembelajaran yang tepar akan membantu mahasiswa membangun pengetahuan dan pemahamannya secara mandiri yang secara tidak langsung dapat meningkatkan semangatdan motivasinya dalam belajar. Berdasarkan rumusan penetapan isu yang paling prioritas sesuai dengan SMART ASN dan Manajemen ASN. Dosen ASN yang menggunakan Lumio menunjukkan kemampuan teknologi yang canggih, yang menjadi salah satu kriteria Smart ASN. Lumio merupakan platform digital yang memungkinkan pembelajaran interaktif, kolaboratif, dan berbasis teknologi, sehingga penggunaannya meningkatkan kecakapan dosen dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pendidikan. Sebagai bagian dari tugas dosen ASN yang berperan dalam pelayanan publik di sektor pendidikan, penerapan Lumio meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Dosen yang menggunakan Lumio memberikan pelayanan pendidikan yang lebih interaktif dan adaptif, sesuai dengan prinsip berorientasi pelayanan dalam Manajemen ASN. Untuk pemecahan isu terkait kurangnya penerapan media pembelajaran kampus, ada beberapa gagasan kreatif yang bisa diterapkan, yaitu Lumio di 1. Sosialisasi dan Pelatihan: Mengadakan pelatihan dan sosialisasi untuk dosen dan mahasiswa tentang penggunaan Lumio sebagai media pembelajaran interaktif. Hal ini akan membantu seluruh pihak memahami dan memanfaatkan fitur-fitur Lumio secara maksimal. 2. Integrasi Lumio dalam Kurikulum: Media pembelajaran interaktif seperti Lumio dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum berbagai mata kuliah, terutama yang memerlukan pemahaman konsep abstrak atau yang membutuhkan kolaborasi. . Pengembangan Inovasi dalam Proses Pembelajaran: Penerapan Lumio akan 3. memungkinkan mahasiswa untuk lebih terlibat secara aktif dan kolaboratif dalam pembelajaran, sehingga mereka dapat membangun pemahaman secara mandiri dan meningkatkan motivasi. 4. Penggunaan Fitur Interaktif. Lumio menyediakan fitur-fitur seperti kuis, polling, dan rugas interaktif yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa secara real-time, sehingga memungkinkan adanya umpan balik instan dari dosen. 5. Optimalisasi Penggunaan Teknologi: Pemanfaatan gawai pribadi dan akses internet yang stabil menjadi hal penting untuk menunjang penggunaan Lumio. Ini bisa didukung dengan peningkatan infrastruktur teknologi di kampus. 6. Evaluasi dan Umpan Balik: Setelah penerapan Lumio, evaluasi berkala mengenai efektivitas media ini dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa perlu dilakukan. Pengumpulan data melalui angket dan tes dapat memberikan insight untuk perbaikan berkelanjutan |
650 | # | 4 | $a Platform digital yang memungkinkan pembelajaran interaktif, kolaboratif, dan berbasis teknologi |
700 | 0 | # | $a Prof. Dr. Abdulrasyid Tolangara, S.Sos., MPA (Mentor) |
700 | 0 | # | $a Zulchaidir, S.Sos., MPA (Coach) |
856 | # | # | $a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :