Logo

Perpustakaan Pusat LAN RI

Gedung Makarti Bhakti Nagarti, Lantai 1. Jl. Administrasi II No.24 9, RT.9/RW.9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Detail Katalog

ID: 1725
Cover Kajian manajemen perbatasan di Kalimantan : Fokus inovasi pendidikan di wilayah perbatasan.

Kajian manajemen perbatasan di Kalimantan : Fokus inovasi pendidikan di wilayah perbatasan.

Pengarang:
Penerbit:
Lembaga Administrasi Negara,
Tempat Terbit:
Samarinda :
Tahun Terbit:
2016
Bahasa:
ind
Subjek
Inovasi pendidikan-Kajian Kalimantan
Deskripsi Fisik:
xxi, 95 hlm.:ilus.; 21 cm. : ilus ; 21 cm
ISBN:
9789791176453
Nomor Panggil:
R.379.152 598 331 507 2 LEM
Control Number:
INLIS000000000001577
BIB ID:
0010-0718001577
Catatan
Keberadaan Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan provinsi termuda di Kalimantan yang berbatasan langsung dengan negara lain, tidaklah salah bila dikatakan sebagai daerah pinggiran yang dimaksud dalam Nawacita yang ke-3 tersebut. Pengelolaan wilayah perbatasan yang dimulai dari Kalimantan Utara berarti pula mewujudkan Nawacita yang ke-3 tersebut yaitu "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan".
Terdapat berbagai isu penting di perbatasan antara lain : isu Batas Negara Pertahanan dan Keamanan Daerah Perbatasan, isu Kelembagaan, isu Perekonomian Masyarakat, Isu Pendidikan, Isu Infrastruktur, Isu Potensi Daerah, dan sebagainya.
Keberadaan berbagai isu tersebut sebenarnya telah terjadi sekian lama, akan tetapi sampai sekarang isu-isu tersebut masih relevan di kawasan perbatasan dan menjadi bahan permasalahan yang tidak kunjung-kunjung terselesaikan. Diperlukan suatu inovasi untuk mempercepat penyelesaian permasalahan-permasalahan yang ada masalah pendidikan merupakan masalahdasar dan prioritas dalam pembangunan daerah perbatasan. Pada kenyataannya pendidikan dikawasan perbatasan kondisinya sangat memprihatinkan. Sebagai gerbang terdepan Indonesia pendidikan didaerah perbatasan keadaannya jauh dari ideal. Hasil pra-riset yang dilakukan melalui wawancara kepada Kepala Bagian Pengembangan Wilayah Perbatasan Provinsi Kalimantan Timur, dapat diambil kesimpulan bahwa isu pendidikan merupakan isu yang urgent untuk diangkat menjadi sebuah kajian di daerah perbatasan. Sebagaimana kutipan wawancaranya (Interview dilakukan pada tanggal 13 Juli 2015, Kepada Bidang Pengembangan Wilayah Badan Pengelolaan Perbatasan Provinsi Kalimantan Timur di Jl. Kartini Samarinda.sebagai berikut1:
"Pendidikan di wilayah perbatasan keadaannya jangan dibayangkan seperti di kota-kota besar yang fasilitasnya lengkap, gurunya banyak, bahkan sekolah di perbatasan hanya memiliki sekolah dasar di setiap desa, sedangkan pendidikan SLTP harus pergi ke daerah kecamatan terdekat. Bagi yang mempunyai biaya, bisa melanjutkan ke SLTP Kecamatan, sedangkan yang lainya ya hanya sampai setingkat SD, itupun dengan keadaan yang jauh bila dibandingkan dengan kota-kota besar. Karena Pendidikan ini adalah kebutuhan dasar masyarakat maka elevan bila ingin dikaji lebih dalam".
Hasil desk research menunjukan adanya kesenjangan/ gap di bidang pendidikan antara daerah perbatasan dan daerah perkotaan. Pendidikan sebagai modal dasar bagi pengembangan sumberdaya manusia di perbatasan ternyata kondisinya sangat memprihatinkan. Berbagai permasalahan yang muncul dalam pendidikan di perbatasan seperti masalah guru, siswa, kurikulum, fasilitas, dan lingkup sosial masyarakat merupakan masalah yang terjadi dalam pengembangan pendidikan di daerah perbatasan.
Begitu pentingnya inovasi di bidang pendidikan di wilayah perbatasan bagi pengembangan sumber daya manusia yang merupakan modal dasar pengembangan sumber daya manusia yang merupakan modal dasar pembangunan, serta begitu strateginya peran wilayah perbatasan dalam berbagai hal, memerlukan sebuah terobosan baru yang bermanfaat bagi masyarakat daerah perbatasan . PKP2A III LAN bermaksud untuk membuat suatu kajian yang akan menganalisis penanganan-penanganan tentang isu-isu pendidikan yang terjadi dan memberikan satu konsep role model inovasi pendidikan diperbatasan yang ideal dan dapat iterapkan terutama di kawasan daerah perbatasan Kalimantan Utara yang berada di wilayah kerja PKP2A III Lembaga Administrasi Negara.
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut, yaitu:
1. Bagaimana Optimalisasi percepatan penyelesaian isu-isu perbatasan antara Negara di Kalimantan Utara khususnya di bidang pendidikan?
2. Inovasi apa yang dapat ditawarkan pada pemerintah daerah khususnya pada bidang pendidikan di daerah perbatasan?
Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah diatas maka tujuan dari kajian ini adalah:
1. Menganalisis optimalisasi percepatan penyelesaian isu-isu Pengelolaan Perbatasan antar negara di Kalimantan Utara Khususnya bidang Pendidikan
2. Mendorong peningkatan kinerja daerah perbatasan utama di bidang pendidikan melalui model inovasi yang dapat diterapkan.
Kajian ini mempunyai ruang lingkup dan batasan tertentu agar dalam penyajiannya tidak terlalu melebar atau dengan kata lain agar lebih fokus terhadap apa yang dikaji. Ruang lingkup kajian ini difokuskan pada inovasi pendidikan yang ada di perbatasan dan inovasi pendidikan yang dapat diterapkan di perbatasan.
Status
Tersedia di OPAC Bibliografi Nasional Indonesia Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode Nomor Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
1521161 R.379.152 598 331 507 2 Lem k Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1521162 R.379.152 598 331 507 2 Lem k Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1521163 R.379.152 598 331 507 2 Lem k Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1901075 R.379.152 598 331 507 2 LEM Baca di tempat Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1901076 R.379.152 598 331 507 2 LEM Baca di tempat Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1901077 R.379.152 598 331 507 2 LEM Baca di tempat Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
Informasi Katalog

Ditambahkan: 28 Jul 2016
Disetujui OPAC: 28 Jul 2016
Export