Detail Katalog
ID: 18974Cover Tidak Tersedia
Gambar cover belum diupload
PRO-PERFORM POLINEF : Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak / Nur Sakinah, S.ST., M.Tr.Kom
Pengarang:
Budiman, S.T., M.T (Mentor) ; Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch)
Budiman, S.T., M.T (Mentor) ; Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch)
Penerbit:
Puslatbang KMP RI LAN Makassar,
Puslatbang KMP RI LAN Makassar,
Tempat Terbit:
Makassar :
Makassar :
Tahun Terbit:
2024
2024
Bahasa:
###
###
Subjek
Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak
Deskripsi Fisik:
59 ; 30
59 ; 30
Control Number:
INLIS000000000018508
INLIS000000000018508
BIB ID:
0010-1124000174
0010-1124000174
Catatan
Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan terintegrasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk membentuk karakter dan profesionalisme ASN. Salah satu program yang diharuskan adalah Pelatihan Dasar (Latsar), yang bertujuan menanamkan nilai-nilai dasar ASN dan kompetensi yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Penyelenggaraan Latsar menggabungkan pembelajaran klasikal dan non-klasikal, mengedepankan penerapan nilai-nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BERAKHLAK)
Metode PBL merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa (Student Centered Leaming). Mahasiswa dituntut menjadi lebih aktif dalam menggali sebuah konsep serta mengambil kesimpulan dari proyek dan kasus yang dipelajari Melalui konsep PBL, organisasi jurusan senantiasa memicu skill kemandirian, kolaborasi, dan kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini. Keberhasilan implementasi PBL uga dipengaruhi oleh sinergi dan kolaborasi antar entitas PBL Oleh karena itu perlu dirancang dan dibangun lingkungan yang memungkinkan interaksi antar entitas dapat berjalan efektif Di Politeknik Negeri Fakfak, Jurusan Manajemen Informatika menerapkan metode Project Based Leaming (PBL) untuk meningkatkan relevansi pembelajaran dan keterampilan praktis mahasiswa. Namun, pelaksanaan PBL belum optimal karena kurangnya perangkat pembelajaran seperti panduan, RPS, dan rubrik penilaian
Oleh karena itu, penyediaan perangkat pembelajaran yang lengkap menjadi krusial untuk mengoptimalkan pembelajaran PBL dan meningkatkan kualitas lulusan di Jurusan Manajemen Informatika
Melalui isu tersebut diperoleh gagasan kreatif sebagai solusi yaitu "Optimalisisi Pembelajaran Project Based Learning melalui Pembuatan Panduan, RPS dan Rubrik penilaian di Jurusan manajemen Informatika Politeknik Negeri Faktak", dengan melengkapi perangkat pembelajaran. Seperti panduan PBL RPS, Rubrik penilai yang belum menerapkan prinsip prinsip metode PBL, melengkapi panduan teknis Project based Learning pada Jurusan Manajemen Informatika. Untuk mewujudkan gagasan kreatif tersebut kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama masa habituasi adalah sebagai berikut: Melakukan kajian pustaka terkait panduan Project Based Learning (PBL), rencana pembelajaran semester (RPS) dan rubrik penilaian, Menyusun draft panduan proses pembelajaran Project Based Learning dan rubrik penilaian, Melakukan finalisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming, rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian, Sosialisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming. rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian.
Metode PBL merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa (Student Centered Leaming). Mahasiswa dituntut menjadi lebih aktif dalam menggali sebuah konsep serta mengambil kesimpulan dari proyek dan kasus yang dipelajari Melalui konsep PBL, organisasi jurusan senantiasa memicu skill kemandirian, kolaborasi, dan kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini. Keberhasilan implementasi PBL uga dipengaruhi oleh sinergi dan kolaborasi antar entitas PBL Oleh karena itu perlu dirancang dan dibangun lingkungan yang memungkinkan interaksi antar entitas dapat berjalan efektif Di Politeknik Negeri Fakfak, Jurusan Manajemen Informatika menerapkan metode Project Based Leaming (PBL) untuk meningkatkan relevansi pembelajaran dan keterampilan praktis mahasiswa. Namun, pelaksanaan PBL belum optimal karena kurangnya perangkat pembelajaran seperti panduan, RPS, dan rubrik penilaian
Oleh karena itu, penyediaan perangkat pembelajaran yang lengkap menjadi krusial untuk mengoptimalkan pembelajaran PBL dan meningkatkan kualitas lulusan di Jurusan Manajemen Informatika
Melalui isu tersebut diperoleh gagasan kreatif sebagai solusi yaitu "Optimalisisi Pembelajaran Project Based Learning melalui Pembuatan Panduan, RPS dan Rubrik penilaian di Jurusan manajemen Informatika Politeknik Negeri Faktak", dengan melengkapi perangkat pembelajaran. Seperti panduan PBL RPS, Rubrik penilai yang belum menerapkan prinsip prinsip metode PBL, melengkapi panduan teknis Project based Learning pada Jurusan Manajemen Informatika. Untuk mewujudkan gagasan kreatif tersebut kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama masa habituasi adalah sebagai berikut: Melakukan kajian pustaka terkait panduan Project Based Learning (PBL), rencana pembelajaran semester (RPS) dan rubrik penilaian, Menyusun draft panduan proses pembelajaran Project Based Learning dan rubrik penilaian, Melakukan finalisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming, rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian, Sosialisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming. rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian.
Status
Tersedia di OPAC
Bibliografi Nasional Indonesia
Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Format MARC21 - Total 13 field
Tag | Ind1 | Ind2 | Nilai | Urutan |
---|---|---|---|---|
001 | _ |
_ |
INLIS000000000018508 | 1 |
005 | _ |
_ |
20241120011115 | 2 |
035 | # |
# |
$a 0010-1124000174 | 3 |
007 | _ |
_ |
ta | 4 |
008 | _ |
_ |
241120###########################0###### | 5 |
245 | # |
# |
$a PRO-PERFORM POLINEF : $b Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak /$c Nur Sakinah, S.ST., M.Tr.Kom | 6 |
260 | # |
# |
$a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 | 7 |
300 | # |
# |
$a 59 ; $c 30 | 8 |
650 | # |
4 |
$a Optimalisasi Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Paduan, RPS dan Rubrik Penilaian di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Fakfak | 9 |
700 | _ |
# |
$a Budiman, S.T., M.T (Mentor) | 10 |
700 | _ |
# |
$a Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch) | 11 |
520 | # |
# |
$a Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan terintegrasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk membentuk karakter dan profesionalisme ASN. Salah satu program yang diharuskan adalah Pelatihan Dasar (Latsar), yang bertujuan menanamkan nilai-nilai dasar ASN dan kompetensi yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Penyelenggaraan Latsar menggabungkan pembelajaran klasikal dan non-klasikal, mengedepankan penerapan nilai-nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BERAKHLAK) Metode PBL merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa (Student Centered Leaming). Mahasiswa dituntut menjadi lebih aktif dalam menggali sebuah konsep serta mengambil kesimpulan dari proyek dan kasus yang dipelajari Melalui konsep PBL, organisasi jurusan senantiasa memicu skill kemandirian, kolaborasi, dan kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini. Keberhasilan implementasi PBL uga dipengaruhi oleh sinergi dan kolaborasi antar entitas PBL Oleh karena itu perlu dirancang dan dibangun lingkungan yang memungkinkan interaksi antar entitas dapat berjalan efektif Di Politeknik Negeri Fakfak, Jurusan Manajemen Informatika menerapkan metode Project Based Leaming (PBL) untuk meningkatkan relevansi pembelajaran dan keterampilan praktis mahasiswa. Namun, pelaksanaan PBL belum optimal karena kurangnya perangkat pembelajaran seperti panduan, RPS, dan rubrik penilaian Oleh karena itu, penyediaan perangkat pembelajaran yang lengkap menjadi krusial untuk mengoptimalkan pembelajaran PBL dan meningkatkan kualitas lulusan di Jurusan Manajemen Informatika Melalui isu tersebut diperoleh gagasan kreatif sebagai solusi yaitu "Optimalisisi Pembelajaran Project Based Learning melalui Pembuatan Panduan, RPS dan Rubrik penilaian di Jurusan manajemen Informatika Politeknik Negeri Faktak", dengan melengkapi perangkat pembelajaran. Seperti panduan PBL RPS, Rubrik penilai yang belum menerapkan prinsip prinsip metode PBL, melengkapi panduan teknis Project based Learning pada Jurusan Manajemen Informatika. Untuk mewujudkan gagasan kreatif tersebut kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama masa habituasi adalah sebagai berikut: Melakukan kajian pustaka terkait panduan Project Based Learning (PBL), rencana pembelajaran semester (RPS) dan rubrik penilaian, Menyusun draft panduan proses pembelajaran Project Based Learning dan rubrik penilaian, Melakukan finalisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming, rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian, Sosialisasi panduan proses pembelajaran Project Based Leaming. rencana pembelajaran semester dan rubrik penilaian. | 12 |
856 | # |
# |
$a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar | 13 |
Penjelasan Field MARC21:
- 001: Control Number
- 005: Date and Time of Latest Transaction
- 020: ISBN
- 100: Main Entry - Personal Name
- 245: Title Statement
- 250: Edition Statement
- 260: Publication Information
- 300: Physical Description
- 650: Subject
- 700: Added Entry - Personal Name
Aksi Cepat
Informasi Katalog
Ditambahkan: 20 Nov 2024