Detail Katalog
ID: 19072Cover Tidak Tersedia
Gambar cover belum diupload
TIMNAS LMS : Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Learning Management System (LMS) UNIMA Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado / Desy Suyono, S.Pd., M.Pd.
Pengarang:
Dr. Allen CH. Manongko, MM (Mentor) ; Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch)
Dr. Allen CH. Manongko, MM (Mentor) ; Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch)
Penerbit:
Puslatbang KMP RI LAN Makassar,
Puslatbang KMP RI LAN Makassar,
Tempat Terbit:
Makassar :
Makassar :
Tahun Terbit:
2024
2024
Bahasa:
###
###
Subjek
Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Learning Management System (LMS) UNIMA Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado
Deskripsi Fisik:
40 ; 30
40 ; 30
Control Number:
INLIS000000000018606
INLIS000000000018606
BIB ID:
0010-1124000272
0010-1124000272
Catatan
Ditengah kemajuan teknologi informasi, pendidikan telah mengalami transformasi signifikan, di mana Learning Management System (LMS) muncul sebagai salah satu solusi efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Di Universitas Negeri Manado, khususnya di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, optimalisasi penggunaan aplikasi LMS menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai metode dan strategi dalam memaksimalkan pemanfaatan LMS di jurusan tersebut. Melalui pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran yang menggunakan LMS. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan LMS tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian materi, tetapi juga sebagai platform untuk interaksi, kolaborasi, dan evaluasi yang lebih efektif.
Dosen-dosen yang terlibat dalam penelitian ini melaporkan bahwa pelatihan penggunaan LMS yang rutin telah meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang konten yang lebih menarik dan interaktif. Selain itu, fitur-fitur seperti forum diskusi, kuis interaktif, dan pengumpulan tugas secara online telah mendorong partisipasi aktif mahasiswa, yang sebelumnya sering mengalami keterbatasan dalam interaksi tatap muka. Dengan adanya LMS, mahasiswa memiliki akses yang lebih fleksibel terhadap materi pembelajaran, sehingga mereka dapat belajar sesuai dengan ritme dan gaya belajar masing-masing.
Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam optimalisasi LMS. Beberapa mahasiswa masih merasa kesulitan dalam menggunakan platform tersebut, terutama bagi mereka yang kurang familiar dengan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi pihak universitas untuk menyediakan dukungan teknis dan pelatihan yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, optimalisasi penggunaan LMS di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menggabungkan teknologi canggih dan metode pembelajaran yang inovatif, diharapkan jurusan ini dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten di bidang pendidikan ekonomi, tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan lebih lanjut LMS di institusi pendidikan lain, sebagai bagian dari upaya memperkuat sistem pendidikan yang berbasis teknologi
Dosen-dosen yang terlibat dalam penelitian ini melaporkan bahwa pelatihan penggunaan LMS yang rutin telah meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang konten yang lebih menarik dan interaktif. Selain itu, fitur-fitur seperti forum diskusi, kuis interaktif, dan pengumpulan tugas secara online telah mendorong partisipasi aktif mahasiswa, yang sebelumnya sering mengalami keterbatasan dalam interaksi tatap muka. Dengan adanya LMS, mahasiswa memiliki akses yang lebih fleksibel terhadap materi pembelajaran, sehingga mereka dapat belajar sesuai dengan ritme dan gaya belajar masing-masing.
Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam optimalisasi LMS. Beberapa mahasiswa masih merasa kesulitan dalam menggunakan platform tersebut, terutama bagi mereka yang kurang familiar dengan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi pihak universitas untuk menyediakan dukungan teknis dan pelatihan yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, optimalisasi penggunaan LMS di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menggabungkan teknologi canggih dan metode pembelajaran yang inovatif, diharapkan jurusan ini dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten di bidang pendidikan ekonomi, tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan lebih lanjut LMS di institusi pendidikan lain, sebagai bagian dari upaya memperkuat sistem pendidikan yang berbasis teknologi
Status
Tersedia di OPAC
Bibliografi Nasional Indonesia
Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Format MARC21 - Total 13 field
Tag | Ind1 | Ind2 | Nilai | Urutan |
---|---|---|---|---|
001 | _ |
_ |
INLIS000000000018606 | 1 |
005 | _ |
_ |
20241129112241 | 2 |
035 | # |
# |
$a 0010-1124000272 | 3 |
007 | _ |
_ |
ta | 4 |
008 | _ |
_ |
241129###########################0###### | 5 |
245 | # |
# |
$a TIMNAS LMS : $b Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Learning Management System (LMS) UNIMA Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado /$c Desy Suyono, S.Pd., M.Pd. | 6 |
260 | # |
# |
$a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 | 7 |
300 | # |
# |
$a 40 ; $c 30 | 8 |
650 | # |
4 |
$a Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Learning Management System (LMS) UNIMA Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado | 9 |
700 | _ |
# |
$a Dr. Allen CH. Manongko, MM (Mentor) | 10 |
700 | _ |
# |
$a Ahmad Amiruddin S.Kep., Ns (Caoch) | 11 |
520 | # |
# |
$a Ditengah kemajuan teknologi informasi, pendidikan telah mengalami transformasi signifikan, di mana Learning Management System (LMS) muncul sebagai salah satu solusi efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Di Universitas Negeri Manado, khususnya di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, optimalisasi penggunaan aplikasi LMS menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai metode dan strategi dalam memaksimalkan pemanfaatan LMS di jurusan tersebut. Melalui pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran yang menggunakan LMS. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan LMS tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian materi, tetapi juga sebagai platform untuk interaksi, kolaborasi, dan evaluasi yang lebih efektif. Dosen-dosen yang terlibat dalam penelitian ini melaporkan bahwa pelatihan penggunaan LMS yang rutin telah meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang konten yang lebih menarik dan interaktif. Selain itu, fitur-fitur seperti forum diskusi, kuis interaktif, dan pengumpulan tugas secara online telah mendorong partisipasi aktif mahasiswa, yang sebelumnya sering mengalami keterbatasan dalam interaksi tatap muka. Dengan adanya LMS, mahasiswa memiliki akses yang lebih fleksibel terhadap materi pembelajaran, sehingga mereka dapat belajar sesuai dengan ritme dan gaya belajar masing-masing. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam optimalisasi LMS. Beberapa mahasiswa masih merasa kesulitan dalam menggunakan platform tersebut, terutama bagi mereka yang kurang familiar dengan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi pihak universitas untuk menyediakan dukungan teknis dan pelatihan yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, optimalisasi penggunaan LMS di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menggabungkan teknologi canggih dan metode pembelajaran yang inovatif, diharapkan jurusan ini dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten di bidang pendidikan ekonomi, tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan lebih lanjut LMS di institusi pendidikan lain, sebagai bagian dari upaya memperkuat sistem pendidikan yang berbasis teknologi | 12 |
856 | # |
# |
$a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar | 13 |
Penjelasan Field MARC21:
- 001: Control Number
- 005: Date and Time of Latest Transaction
- 020: ISBN
- 100: Main Entry - Personal Name
- 245: Title Statement
- 250: Edition Statement
- 260: Publication Information
- 300: Physical Description
- 650: Subject
- 700: Added Entry - Personal Name
Aksi Cepat
Informasi Katalog
Ditambahkan: 29 Nov 2024