Detail Katalog
ID: 20575Cover Tidak Tersedia
Gambar cover belum diupload
Strategi Perluasan Akses Pendidikan Kesetaraan Melalui Perkuatan PKBM Di Wilayah Kota Tidore Kepulauan / Zainuddin Umsangadji
Edisi: 1
Pengarang:
Zainuddin Umsangadji
Zainuddin Umsangadji
Penerbit:
Pusbangkom Pimnas,
Pusbangkom Pimnas,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Jakarta :
Tahun Terbit:
2024
2024
Subjek
Pendidikan Kesetaraan,
Deskripsi Fisik:
80 : ilus ; 29 x 21 x 0,5
80 : ilus ; 29 x 21 x 0,5
Nomor Panggil:
R 0073 PKN II 2024
R 0073 PKN II 2024
Control Number:
INLIS000000000020094
INLIS000000000020094
BIB ID:
0010-0525000177
0010-0525000177
Catatan
Penelitian ini mengkaji strategi untuk memperluas akses pendidikan kesetaraan
melalui perkuatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Tidore
Kepulauan dengan pendekatan pemasaran yang mencakup unsur product, price,
place, promotion, dan customer. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas
dan cakupan pendidikan non-formal, sehingga memberikan kesempatan yang
sama bagi semua warga, khususnya mereka yang berada di wilayah terpencil
atau kurang terlayani oleh sistem pendidikan formal.
Produk utama dalam strategi ini adalah program pendidikan kesetaraan yang
ditawarkan oleh PKBM. Program ini mencakup pendidikan setara SD, SMP, dan
SMA, yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Kurikulum dikembangkan agar
relevan dan berorientasi pada keterampilan praktis, sehingga peserta didik tidak
hanya memperoleh pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan yang dapat
langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, PKBM juga
menawarkan berbagai kursus keterampilan dan pelatihan vokasional untuk
meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja lokal.
Penentuan biaya pendidikan di PKBM dilakukan dengan mempertimbangkan
kemampuan ekonomi masyarakat Kota Tidore Kepulauan. Kebijakan biaya yang
fleksibel, termasuk pemberian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi
Lembaga Pendidikan Kesetaraan berdasarkan jumlah warga belajar, menjadi
bagian dari strategi ini. Hal ini untuk memastikan bahwa pendidikan kesetaraan
dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkendala oleh faktor
ekonomi. Transparansi dalam penentuan biaya turut meningkatkan partisipasi
masyarakat.
melalui perkuatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Tidore
Kepulauan dengan pendekatan pemasaran yang mencakup unsur product, price,
place, promotion, dan customer. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas
dan cakupan pendidikan non-formal, sehingga memberikan kesempatan yang
sama bagi semua warga, khususnya mereka yang berada di wilayah terpencil
atau kurang terlayani oleh sistem pendidikan formal.
Produk utama dalam strategi ini adalah program pendidikan kesetaraan yang
ditawarkan oleh PKBM. Program ini mencakup pendidikan setara SD, SMP, dan
SMA, yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Kurikulum dikembangkan agar
relevan dan berorientasi pada keterampilan praktis, sehingga peserta didik tidak
hanya memperoleh pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan yang dapat
langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, PKBM juga
menawarkan berbagai kursus keterampilan dan pelatihan vokasional untuk
meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja lokal.
Penentuan biaya pendidikan di PKBM dilakukan dengan mempertimbangkan
kemampuan ekonomi masyarakat Kota Tidore Kepulauan. Kebijakan biaya yang
fleksibel, termasuk pemberian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi
Lembaga Pendidikan Kesetaraan berdasarkan jumlah warga belajar, menjadi
bagian dari strategi ini. Hal ini untuk memastikan bahwa pendidikan kesetaraan
dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkendala oleh faktor
ekonomi. Transparansi dalam penentuan biaya turut meningkatkan partisipasi
masyarakat.
Status
Tersedia di OPAC
Bibliografi Nasional Indonesia
Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode | Nomor Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
00000023311 |
R 0073 PKN II 2024 |
Baca di tempat | Perpustakaan LAN Jakarta | Tersedia |
Format MARC21 - Total 15 field
Tag | Ind1 | Ind2 | Nilai | Urutan |
---|---|---|---|---|
001 | _ |
_ |
INLIS000000000020094 | 1 |
005 | _ |
_ |
20250521083556 | 2 |
035 | # |
# |
$a 0010-0525000177 | 3 |
007 | _ |
_ |
ta | 4 |
008 | _ |
_ |
250521################|##########|#|## | 5 |
084 | # |
# |
$a R 0073 PKN II 2024 | 6 |
100 | _ |
# |
$a Zainuddin Umsangadji | 7 |
245 | 1 |
# |
$a Strategi Perluasan Akses Pendidikan Kesetaraan Melalui Perkuatan PKBM Di Wilayah Kota Tidore Kepulauan /$c Zainuddin Umsangadji | 8 |
250 | # |
# |
$a 1 | 9 |
260 | # |
# |
$a Jakarta :$b Pusbangkom Pimnas,$c 2024 | 10 |
300 | # |
# |
$a 80 : $b ilus ; $c 29 x 21 x 0,5 | 11 |
650 | # |
4 |
$a Pendidikan Kesetaraan, | 12 |
520 | # |
# |
$a Penelitian ini mengkaji strategi untuk memperluas akses pendidikan kesetaraan melalui perkuatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Tidore Kepulauan dengan pendekatan pemasaran yang mencakup unsur product, price, place, promotion, dan customer. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan cakupan pendidikan non-formal, sehingga memberikan kesempatan yang sama bagi semua warga, khususnya mereka yang berada di wilayah terpencil atau kurang terlayani oleh sistem pendidikan formal. Produk utama dalam strategi ini adalah program pendidikan kesetaraan yang ditawarkan oleh PKBM. Program ini mencakup pendidikan setara SD, SMP, dan SMA, yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Kurikulum dikembangkan agar relevan dan berorientasi pada keterampilan praktis, sehingga peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan yang dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, PKBM juga menawarkan berbagai kursus keterampilan dan pelatihan vokasional untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja lokal. Penentuan biaya pendidikan di PKBM dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi masyarakat Kota Tidore Kepulauan. Kebijakan biaya yang fleksibel, termasuk pemberian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi Lembaga Pendidikan Kesetaraan berdasarkan jumlah warga belajar, menjadi bagian dari strategi ini. Hal ini untuk memastikan bahwa pendidikan kesetaraan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkendala oleh faktor ekonomi. Transparansi dalam penentuan biaya turut meningkatkan partisipasi masyarakat. | 13 |
856 | # |
# |
$a Perpustakaan Pusat LAN | 14 |
990 | # |
# |
$a 2024/1.2,2/A/0073 | 15 |
Penjelasan Field MARC21:
- 001: Control Number
- 005: Date and Time of Latest Transaction
- 020: ISBN
- 100: Main Entry - Personal Name
- 245: Title Statement
- 250: Edition Statement
- 260: Publication Information
- 300: Physical Description
- 650: Subject
- 700: Added Entry - Personal Name
Aksi Cepat
Informasi Katalog
Ditambahkan: 21 May 2025