Logo

Perpustakaan Pusat LAN RI

Gedung Makarti Bhakti Nagarti, Lantai 1. Jl. Administrasi II No.24 9, RT.9/RW.9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Detail Katalog

ID: 3483
Cover Perbandingan Pendidikan Islam / Ali Al-Jumbulati

Perbandingan Pendidikan Islam / Ali Al-Jumbulati

Edisi: Cet. Kedua

Pengarang:
Al-Jumbulati, Ali ; Abdul Futuh at-Tuwaanisi
Penerbit:
Rineka Cipta,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Tahun Terbit:
2002
Bahasa:
ind
Subjek
Pendidikan Islam
Deskripsi Fisik:
xi; 244 hlm. : ilus ; 21 cm.
ISBN:
9795180274
Nomor Panggil:
297.07 Alj
Control Number:
INLIS000000000003303
BIB ID:
0010-0718003303
Catatan
Adanya korelasi antara bahan-bahan pelajaran dengan agama. Orang-orang yang mengikuti dan memperhatikan para pakar filsafat pendidikan Islam akan menemukan bahwa pengajaran/pelajaran membaca dan menulis merupakan suatu daya pendorong yang menumbuhkan kemampuan membaca kitab suci Al-Qur’an dan menghapalkannya. Sedang ilmu-ilmu Bahasa yang diajarkan bertujuan untuk memahami al’quran dan mengungkapkan gaya sastra serta ayat-ayat yang jelas artinya. Sebagai salah satu bukti ialah orang-orang Arab sejak pagi-pagi menyusun gramatika Bahasa Arab untuk menghindarkan kerusakan pemahaman Al-qur’an, kemudian disusun pula balaghah yang bertujuan untuk dijadikan alat memperkuat daya mukjizat AlQur-an. Sementara pendapat menganggap bahwa mengkaitkan bahan-bahan pelajaran dengan agama sebagai suatu yang mempersulit pendalaman studi ilmu alam dan lainnya, padahal agama dan Al-Qur’an jika kita pelajari secara mendalam dapat kita temukan petunjuk-petunjuk tentang ilmu pengetahuan dan juga motivasi untuk mencari ilmu serta studu tentang gejala alam. Di samping itu motivasi untuk menggali kekuatan yang terdapat di belakang gejala alam untuk dimanfaatkan bagi kepentingan kesejahteraan dan kemakmuran hidup manusia. Di dalam Al-Qur’an disebutkan tidak kurang dari 500 ayat tentang anjura menstudi gejala ala mini sementara ayat-ayat tentang syari’at lebih sedikit dari itu.
Mewujudkan prinsip dan system desentralisasi dalam belajar. Lembaga-lembaga pendidikan tinggi dan sekolah-sekolah dikembangkan dalam masyarakat untuk mempelajari Al-Qur’an, sedang tokoh-tokoh umat Islam dan orang-orang kaya yang dermawan banyak yang membantu pengembangannya dengan sumbangan dana di samping pemerintah ikut campur dalam urusan pengajarannya, walaupun prinsip wajib mengajar dalam pendidikan Islam belum dikenal mereka.
Status
Tersedia di OPAC Bibliografi Nasional Indonesia Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode Nomor Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
B18245 297.07 Alj p Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B18246 297.07 Alj p Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B18247 297.07 Alj p Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1902124 297.07 Alj p Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1902130 297.07 Alj p Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1902131 297.07 Alj p Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
Informasi Katalog

Ditambahkan: 04 May 2018
Disetujui OPAC: 04 May 2018
Export