Detail Katalog
ID: 5252
Kajian Pengukuran Indeks Pelayanan Publik (IPP) di Daerah / Wawan Dharma Setiawan
Pengarang:
Jat Jat Wirjadinata ; R. Soetarto Mochtar ; Syarifuddin Hidayat
Jat Jat Wirjadinata ; R. Soetarto Mochtar ; Syarifuddin Hidayat
Penerbit:
Pusat Kajian Dan Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur I (PKP2A I) LAN,
Pusat Kajian Dan Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur I (PKP2A I) LAN,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Jakarta :
Tahun Terbit:
2006
2006
Subjek
Pelayanan Publik
Deskripsi Fisik:
viii., 165 hlm : ilus. ; 21 Cm
viii., 165 hlm : ilus. ; 21 Cm
Nomor Panggil:
R. 352,630 72 LEM
R. 352,630 72 LEM
Control Number:
INLIS000000000005061
INLIS000000000005061
BIB ID:
0010-0419000021
0010-0419000021
Catatan
Tujuan utama reformasi dalam sistem pemerintahan daerah di Indonesia salah satunya adalah untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraann masyarakat. Untuk melihat sudah sejauhmana kinerja pelayanan yang diberikan oleh aparatur negara, khususnya pemerintahan di daerah, maka perlu dilakukan adanya suatu pengukuran kinerja. Oleh karena itu pengukuran kinerja pelayanan publik merupakan aspek yang sangat penting untuk melihat pencapaian pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat.
Pengukuran kinerja pelayanan publik dalam kajian ini dilaksanakan dengan mendasarkan diri pada salah satu tujuan pemberian otonomi daerah yaitu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik.
Adapun bidang-bidang pelayanan yang dijadikan fokus dalam kajian ini pelayanan dasar yang menjadi kewenangan wajib pemerintah daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan serta bidang sarana dan prasarana umum. Parameter atau indikator yang digunakan dalam pengukuran kinerja pelayanan untuk setiap bidang mencakp dimensi alokasi anggaran, askes pelayanan kepada masyarakat, upaya peningkatan kualitas pelayanan termasuk kualitas SDM.Ketiga parameter tersebut kemudian dikembangkan ke dalam sejumlah indikator. Pengukuran dilakukan berdasarkan data daerah pada tahun 2005.
Pengukuran terhadap setiap dimensi dan indikator-indikator tersebut telah menghasilkan suatu ukuran nilai dalam bentuk indeks kinerja pelayanan publik untuk bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sarana dan prasarana serta indeks pelayanan publik gabungan ketiga bidang tersebut. Indeks pelayanan publik gabungan merupakan totalitas capaian kinerja daerah dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.
Pengukuran kinerja pelayanan publik dalam kajian ini dilaksanakan dengan mendasarkan diri pada salah satu tujuan pemberian otonomi daerah yaitu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik.
Adapun bidang-bidang pelayanan yang dijadikan fokus dalam kajian ini pelayanan dasar yang menjadi kewenangan wajib pemerintah daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan serta bidang sarana dan prasarana umum. Parameter atau indikator yang digunakan dalam pengukuran kinerja pelayanan untuk setiap bidang mencakp dimensi alokasi anggaran, askes pelayanan kepada masyarakat, upaya peningkatan kualitas pelayanan termasuk kualitas SDM.Ketiga parameter tersebut kemudian dikembangkan ke dalam sejumlah indikator. Pengukuran dilakukan berdasarkan data daerah pada tahun 2005.
Pengukuran terhadap setiap dimensi dan indikator-indikator tersebut telah menghasilkan suatu ukuran nilai dalam bentuk indeks kinerja pelayanan publik untuk bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sarana dan prasarana serta indeks pelayanan publik gabungan ketiga bidang tersebut. Indeks pelayanan publik gabungan merupakan totalitas capaian kinerja daerah dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.
Status
Tersedia di OPAC
Bibliografi Nasional Indonesia
Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode | Nomor Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
B1902237 |
R. 352,630 72 Lem k |
Baca di tempat | Perpustakaan LAN Jakarta | Tersedia |
Aksi Cepat
Informasi Katalog
Ditambahkan: 02 Apr 2019