Logo

Perpustakaan Pusat LAN RI

Gedung Makarti Bhakti Nagarti, Lantai 1. Jl. Administrasi II No.24 9, RT.9/RW.9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Detail Katalog

ID: 633
Cover Badan Layanan Umum :  Dari Birokrasi Menuju Korporasi / Mediya Lukman

Badan Layanan Umum : Dari Birokrasi Menuju Korporasi / Mediya Lukman

Edisi: Cet.1

Pengarang:
Lukman, Mediya
Penerbit:
Bumi Aksara,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Tahun Terbit:
2013
Bahasa:
ind
Subjek
Organisasi Departemen, Struktur Departemen
Deskripsi Fisik:
xxii, 278 halaman : ilus ; 23 cm
ISBN:
978 602 217 288 8
Nomor Panggil:
352.29 LUK b
Control Number:
INLIS000000000000590
BIB ID:
0010-0718000590
Catatan
Apa itu Badan Layanan Umum/Daerah (BLU/D)? "Alien" yang datang dari planet apa? Apa beda BLU/D dengan BUMN/D ataupun institusi birokrasi pemerintahan biasa? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menyeruak dalam benak masyarakat jika ditanya mengenai BLU/D. Popularitas institusi penyelenggaraan layanan publik yang berbentuk BLU/D masih kalah jauh dari "saudara tuanya" yang berbentuk BUMN/D. Bahkan dibandingkan dengan "saudara mudanya" yang lahir dengan penuh kontroversi, sebagaimana Perguruan Tinggi yang berbentuk BHMN ataupun BPJS, pamor BLU/D masih kalah mentereng. BLU/D merupakan sebuah bentuk institusi penyelenggaraan layanan publik yang berkarakter khusus dengan adanya diskresi, fleksibilitas, dan otonomi tata kelola dalam penyediaan layanan publik. Konsep yang dinikmati oleh BLU/D tersebut merupakan imbas dari terpaan "gelombang tsunami" mengenai reformasi sektor publik yang bersumber dari Inggris pada tahun 1980-an hingga menghantam benua Amerika, Asia dan Afrika di awal tahun 2000-an. Reformasi muncul seiring dengan munculnya paradigma baru atau "mazhab" Manajemen Publik Baru (New Public Management/NPM) yang menggantikan paradigma Administrasi Publik Lama, yang ditengarai belum mampu mengatasi penyakit akut yang menghinggapi organisasi publik, seperti tidak efisiennya penyelenggaraan layanan publik, tambunnya aparatur pemerintah, kinerja yang tidak jelas, bahkan pengabaian terhadap suara dan kebutuhan konsumen. Transformasi institusi publik dalam paradigma NPM didesain ulang ke dalam bentuk agencification dengan menekankan pada kebebasan/otonomi manajerial dan tata kelola sebagaimana institusi korporasi/bisnis (private-like manner).
Status
Tersedia di OPAC Bibliografi Nasional Indonesia Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode Nomor Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
B1901375 352.29 Luk b Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
B1901374 352.29 Luk b Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
Format MARC21 - Total 15 field
Tag Ind1 Ind2 Nilai Urutan
001 _ _ INLIS000000000000590 1
005 _ _ 20240619112429 2
035 # # $a 0010-0718000590 3
008 _ _ 240619################g##########0#ind## 4
020 # # $a 978 602 217 288 8 5
082 # # $a 352.29 6
084 # # $a 352.29 LUK b 7
100 _ # $a Lukman, Mediya 8
245 1 # $a Badan Layanan Umum : $b Dari Birokrasi Menuju Korporasi /$c Mediya Lukman 9
260 # # $a Jakarta :$b Bumi Aksara,$c 2013 10
300 # # $a xxii, 278 halaman : $b ilus ; $c 23 cm 11
650 # 4 $a Organisasi Departemen, Struktur Departemen 12
520 # # $a Apa itu Badan Layanan Umum/Daerah (BLU/D)? "Alien" yang datang dari planet apa? Apa beda BLU/D dengan BUMN/D ataupun institusi birokrasi pemerintahan biasa? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini menyeruak dalam benak masyarakat jika ditanya mengenai BLU/D. Popularitas institusi penyelenggaraan layanan publik yang berbentuk BLU/D masih kalah jauh dari "saudara tuanya" yang berbentuk BUMN/D. Bahkan dibandingkan dengan "saudara mudanya" yang lahir dengan penuh kontroversi, sebagaimana Perguruan Tinggi yang berbentuk BHMN ataupun BPJS, pamor BLU/D masih kalah mentereng. BLU/D merupakan sebuah bentuk institusi penyelenggaraan layanan publik yang berkarakter khusus dengan adanya diskresi, fleksibilitas, dan otonomi tata kelola dalam penyediaan layanan publik. Konsep yang dinikmati oleh BLU/D tersebut merupakan imbas dari terpaan "gelombang tsunami" mengenai reformasi sektor publik yang bersumber dari Inggris pada tahun 1980-an hingga menghantam benua Amerika, Asia dan Afrika di awal tahun 2000-an. Reformasi muncul seiring dengan munculnya paradigma baru atau "mazhab" Manajemen Publik Baru (New Public Management/NPM) yang menggantikan paradigma Administrasi Publik Lama, yang ditengarai belum mampu mengatasi penyakit akut yang menghinggapi organisasi publik, seperti tidak efisiennya penyelenggaraan layanan publik, tambunnya aparatur pemerintah, kinerja yang tidak jelas, bahkan pengabaian terhadap suara dan kebutuhan konsumen. Transformasi institusi publik dalam paradigma NPM didesain ulang ke dalam bentuk agencification dengan menekankan pada kebebasan/otonomi manajerial dan tata kelola sebagaimana institusi korporasi/bisnis (private-like manner). 13
990 # # $a 141217182 14
990 # # $a 141217181 15
Penjelasan Field MARC21:
  • 001: Control Number
  • 005: Date and Time of Latest Transaction
  • 020: ISBN
  • 100: Main Entry - Personal Name
  • 245: Title Statement
  • 250: Edition Statement
  • 260: Publication Information
  • 300: Physical Description
  • 650: Subject
  • 700: Added Entry - Personal Name
Informasi Katalog

Ditambahkan: 28 May 2015
Disetujui OPAC: 28 May 2015
Export