=LDR 00000nam 2200000 4500 =001 INLIS000000000001728 =005 20180724142946 =008 180724||||||||| | ||| |||| || | =035 $0010-0718001728 =041 $$a id =082 $$a R.073 =090 $$a R.073 PIM I 2017 =100 $$a Gaffar Guntor =245 $$a Optimalisasi Instrumen Dalam Evaluasi Pendidikan Dan Pelatihan POLRI Akan Memberikan Hasil Lebih Terukur Dan Mewujudkan Suasana Kompetitif Diantara Satuan Pendidikan =260 $$a Jakarta $b LAN Jakarta $c 2016 =300 $$a iii, 21 hlm., Ilus, 30 cm =500 $$a Salah satu upaya lemdiklat Polri dalam meningkatkan kualitas atau mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang berada dibawahnya adalah melalui evaluasi dan pengkajian terhadap delapan standar pendidikan yang dilakukan secara rutin dan berkesinambungan dengan tujuan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan dan menyajikan informasi secara akurat dan obyektif yang dapat digunakan sebagai bahan bagi pimpinan dalam pengambilan keputusan, pembuatan kebijakan, dan penyusunan program selanjutnya. Penulis merumuskan suatu kebijakan untuk mengganti instrumen evaluasi yang selama ini digunakan dengan instrumen borang yang telah digunakan oleh Kemendikbud khususnya Dikti dalam memberikan akreditasi kepada seluruh perguruan tinggi swasta di Indonesia. Borang adalah alat atau instrumen berupa kumpulan pertanyaan untuk mengungkapkan atau mengumpulkan data dan informasi yang memerlukan dokumen pendukung untuk digunakan dalam mengukur, menilai mutu, kualitas, atau kinerja suatu Lembaga pendidikan dengan hasil berupa angka, sehingga dapat diberikan ranking atau urutan atas kinerja suatu satuan pendidikan. Borang berisi pertanyaan yang berkaitan dengan delapan standar pendidikan Polri untuk mengetahui arah tujuan pelaksanaan pendidikan dan terpeliharanya mutu pendidikan Polri serta tercapainya kompetensi lulusan yang diharapkan. =650 $$a Evaluasi Pendidikan