=LDR 00000nam 2200000 4500 =001 INLIS000000000018474 =005 20241119084111 =035 ##$$a 0010-1124000140 =007 ta =008 241119###########################0###### =245 ##$$a PINTAR KESEHATAN : $b Panduan Pembelajaran Interaktif dan Kolaboratif Berbasis Proyek untuk Ilmu Kesehatan /$c Andi Fatma Tenri Awaru, S.Gz., M.Kes =260 ##$$a Makassar :$b Puslatbang KMP LAN RI,$c 2024 =300 ##$$a 38 ; $c 30 =650 #4$$a Mengoptimalkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa di perguruan tinggi =700 #$$a Hermin Husaeni, S.Kep., Ns., M.Kep (Mentor) =700 #$$a Andi Wahyudin, S.E., M.Si (Coach) =520 ##$$a Belum optimalnya penggunaan metode pengajaran yang inovatif oleh dosen menjadi salah satu tantangan utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Kondisi ini berimplikasi pada rendahnya partisipasi aktif mahasiswa di dalam kelas, yang tidak hanya berdampak pada pemahaman materi yang terbatas, tetapi juga pada kurangnya pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang terbukti efektif dalam mendorong peran aktif mahasiswa adalah Project-Based Learning (PjBL) Metode ini memungkinkan mahasiswa untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran dengan berfokus pada penyelesaian proyek nyata yang relevan dengan materi perkullahan. Namun, implementasi PjBL di lingkungan pendidikan tinggi masih terkendala oleh kurangnya pemahaman dan panduan yang jelas bagi para dosen. Oleh karena itu, penyusunan sebuah panduan sistematis mengenai penerapan PjBL menjadi gagasan pemecahan yang strategis untuk mengatasi isu tersebut. Panduan ini dirancang untuk memberikan penjelasan komprehensif tentang konsep dasar PjBL, tahapan implementasi, serta tips praktis untuk menyusun proyek yang menantang dan bermakna bagi mahasiswa. Selain itu, panduan ini Juga akan menyajikan contoh-contoh penerapan PjBL yang kontekstual dan relevan dengan berbagal disiplin ilmu. Dengan adanya panduan ini, diharapkan dosen dapat lebih percaya diri dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, sehingga mahasiswa terdorong untuk berperan lebih aktif, memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap proses belajarnya, serta mampu mengembangkan keterampilan abad 21 yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Panduan ini diharapkan menjadi kontribusi nyata dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa di perguruan tinggi. =856 ##$$a Puslatbang KMP LAN