=LDR 00000nam 2200000 4500 =001 INLIS000000000018574 =005 20241126021611 =035 ##$$a 0010-1124000240 =007 ta =008 241126###########################0###### =245 ##$$a KANA BELI AIR : $b Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako /$c apt. Sri Sulistiana Sulaiman , S.Farm., M.Si =260 ##$$a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 =300 ##$$a 70 ; $c 30 =650 #4$$a Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako =700 #$$a Dr. Lif.Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc., M.Lif.Sc (Mentor) =700 #$$a Irmayani, S.AP., M.I.Kom (Coach) =520 ##$$a Kegiatan aktualisasi ini berfokus pada peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Tadulako. Berdasarkan pengamatan, ditemukan isu utama bahwa masih banyak mahasiswa farmasi yang kesulitan memahami materi yang berkaitan dengan perhitungan dosis dan analisis resep, yang menjadi dasar penting bagi keterampilan mereka dalam bidang kefarmasian. Kurangnya pemahaman ini tidak hanya berdampak pada hasil akademik yang rendah, tetapi juga dapat menghambat keterampilan praktik mahasiswa yang penting dalam dunia kerja nantinya. Sebagai upaya untuk mengatasi isu tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan aktualisasi yaitu pembuatan media pembelajaran interaktif berupa flipbook dan mengadakan pembelajaran yang lebih interaktif melalui game edukasi. Flipbook digunakan untuk menyajikan materi secara sistematis dan menarik, sehingga mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri. Sementara itu, game edukasi diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan interaksi dan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan aktualisasi telah terlaksana dengan baik melalui 6 kegiatan yang terdiri dari 21 tahapan kegiatan yang direncanakan serta dibuktikan melalui hasil evaluasi mahasiswa lewat pre testdan post test diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa sebesar 25,72%. =856 ##$$a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar