=LDR 00000nam 2200000 4500 =001 INLIS000000000020092 =005 20250521082415 =035 ##$$a 0010-0525000175 =007 ta =008 250521################|##########|#|## =084 ##$$a R 0072 PKN II 2024 =100 #$$a Miswita =245 1#$$a Strategi P{eningkatanKinerja Sekretariat DPRD Dalam Pengelolaan Aspirasi Masyarakat Di Kab. Sijunjung /$c Miswita =250 ##$$a 1 =260 ##$$a Jakarta :$b Pusbangkom Pimnas,$c 2024 =300 ##$$a 100 : $b ilus ; $c 29 x 21 x 1 =650 #4$$a Manajemen =520 ##$$a mulai tingkat Desa/Nagari, Kecamatan dan kabupaten. Selama ini penyerapan aspirasi masyarakat oleh anggota DPRD melalui reses dilakukan 3 kali setahun, atau satu kali dalam satu masa sidang, dengan mengunjungi konstituennya dan masyarakat di daerah pemilihan anggota DPRD yang bersangkutan, belum terdigitalisasi dalam artian pelaksanaan masih secara manual mulai dari proses penyerapan, verifikasi sampai tahap rapat dengar pendapat sehingga data aspirasi masyarakat belum terkelola dan tersimpan secara sistematis. Pembangunan Aplikasi E-Sadewa (Sistem Informasi Dewan Perwakilan Rakyat) merupakan strategi mendorong peningkatan kinerja Sekretariat DPRD dalam pengelolaan aspirasi masyarakat secara signifikan di Kabupaten Sijunjung. Proyek Perubahan ini bertujuan untuk percepatan pengelolaan dan penyerapan aspirasi masyarakat oleh anggota DPRD di Kabupaten Sijunjung. Proyek Perubahan ini akan mendukung peningkatan pelayanan fungsi DPRD dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih akuntabel dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Desain proyek perubahan sejalan dengan substansi Tema PKN II Angkatan I Tahun 2024 tentang Transformasi tata kelola pemerintahan di era Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. =856 ##$$a Perpustakaan Pusat LAN =990 ##$$a 2024/1.2,2/A/0072