=LDR 00000nam 2200000 4500 =001 INLIS000000000020607 =005 20250724114637 =035 ##$$a 0010-0725000137 =007 ta =008 250724################|##########|#|## =084 ##$$a R 0046 PKN I 2024 =100 #$$a Nooriza =245 1#$$a Akselerasi Kolaboratif Transformasi Pendidikan Vokasi Dam Penyediaan Talenta Digital Nasional /$c Nooriza =250 ##$$a 1 =260 ##$$a Jakarta :$b Pusbangkom Pimnas,$c 2024 =300 ##$$a 183 : $b ilus ; $c 29 x 21 x 1,5 =650 #4$$a SDM, Manajemen Talenta =520 ##$$a Hasil riset McKinsey dan Bank Dunia, gap talenta digital di Indonesia ada 9 juta dari 2016 sampai dengan 2030 atau 600 ribu per tahun. Sementara itu hasil talenta digital perguruan tinggi setiap tahun sekitar 50 ribu. Presiden dan wakil presiden yang yang dilantik bulan Oktober 2024 terus menggaungkan kemajuan Indonesia dan menekankan ekonomi tumbuh 8 % serta digitalisasi semua sektor. Itu semua memerlukan SDM keahlian digital. Namun, bagaimana talenta digital dapat disiapkan secara masif? Wakil Menteri Komdigi Bapak Angga Raka Prabowo dalam kesempatan di Pura Mangkunegoro pada 19 November 2024 lalu sampaikan bahwa untuk mengejar talenta digital tersebut tidak ada jalan lain, harus berkolaborasi. Salah satu bentuk penguatan talenta digital di dalam Kementerian Komdigi adalah peluangnya melalui pendidikan vokasi dengan kompetensi keahlian digital pada Sekolah Tinggi Multi Media yang secara lembaga juga harus bertransformasi menjadi Politeknik Digital Jogja. Oleh karena itu, diperkenalkan proyek perubahan yaitu program akselerasi kolaboratif transformasi pendidikan vokasi untuk pemenuhan talenta digital nasional menuju Indonesia Emas 2045. Pengembangan talenta digital berbagai bentuk tersebut diyakini dapat mendukung agenda transformasi digitalisasi yang tentu hasilnya akan berperan menajdi bagian dalam penguatan ekonomi pertumbuhan tinggi, selaras dengan Asta Cita dan Program Prioritas Presiden dan Wakil Presiden. Transformasi pendidikan vokasi bidang digital perlu pendekatan kolaborasi yang luas atau secara multipronge approach. Pemangku kepentingan nasional di Industri teknologi digital, asosiasi yang dekat dengan industri digital dan pelaku usaha penyedia teknologi digital harus menunjukkan peran mendukung pendidikan vokasi bidang digital agar luaran lulusan yang berkemampuan keahlian yang berskalabilitas tercapai. Proyek perubahan ini dalam implementasinya ternyata mendapat dukungan hasil kolaborasi dan kerjasama yang mendukung penguatan-penguatan tersebut. =856 ##$$a Perpustakaan Pusat LAN =990 ##$$a 2024/1.2.1/A/0047