=LDR 00000nam 2200000 4500 =001 INLIS000000000020660 =005 20250728025555 =035 ##$$a 0010-0725000190 =007 ta =008 250728################g##########0#ind## =082 ##$$a 374 =084 ##$$a 374 UNE b =245 1#$$a Belajar untuk Hidup : $b Pendidikan Hari Kini dan Hari Esok /$c UNESCO =250 ##$$a Cetakan ke 2 =260 ##$$a Jakarta :$b Bhratara Karya Aksara,$c 1981 =300 ##$$a liii, 413 halaman : $b ilus ; $c 21 cm =650 #4$$a Pendidikan untuk Orang Dewasa =110 #$$a UNESCO =520 ##$$a Semenjak bergenerasi lamanya, tujuan tunggal pendidikan adalah meneruskan nilai-nilai, pengetahuan dan ketrampilan yang ingin disampaikan -- bahkan dalam pelaksanaannya sering kali seperti dijejal-jejalkan -- oleh generasi tua kepada generasi muda, guna menyiapkannya bagi kehidupan bermasyarakat. Dalam alam pikiran ini, pendidikan dalam keseluruhannya dianggap sebagai suatu kewajiban Negara terhadap warganya, termasuk di dalamnya tugas guru memindahkan pengetahuan kepada sianak didik, bahkan hubungan sianak dengan orang tuanya dalam lingkungan keluarga. Alam pikiran akhir-akhir ini tidak lagi begitu penuh kepercayaan akan arti dan maksud pendidikan masa silam tersebut. Apabila orang ingin mencapai cita-cita demokrasi yang diidam-idamkan, dan hendak memberikan tempat yang mapan kepada umat manusia dalam revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi yang kini sedang dan masih akan bergejolak di kemudian hari, maka pendidikan tidak boleh sekedar terarahkan kepada suatu kelas masyarakat atau suatu kelompok umur saja. =990 ##$$a 19233 =990 ##$$a 20023