Cite This        Tampung        Export Record
Judul MATTAPI : Mengatasi Tantangan Adaptasi Pembelajaran Inovatif / A. Inayah Auliyah, M.Kom
Pengarang Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor)
Andi Wahyudin, S.E., M.Si (Coach)
Penerbitan Makassar : Puslatbang KMP LAN RI, 2024
Deskripsi Fisik 37 ;30
Subjek Peningkatan kualitas pembelajaran
Abstrak Rancangan aktualisasi yang disusun dalam laporan ini merupakan salah satu bagian penting dari proses pelatihan LATSAR. Proses aktualisasi ini bertujuan untuk menerapkan nilai- nilai dasar ASN dan mengimplementasikan pengetahuan serta keterampilan yang telah diperoleh selama masa pelatihan ke dalam tugas sehari-hari di instansi tempat kita bertugas. Dengan demikian, proses ini diharapkan dapat membantu kita dalam meningkatkan. kinerja dan memberikan kontribusi yang nyata dalam mencapai tujuan organisasi. Berangkat dari permasalahan Seiring perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan industri yang semakin dinamis, program studi Sistem Informasi di perguruan tinggi harus terus beradaptasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah perumusan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan format baru, terutama untuk mata kuliah yang belum memiliki RPS dan mata kuliah baru yang perlu disesuaikan dengan kurikulum terkini. RPS berperan penting sebagai panduan dalam proses pembelajaran yang efektif, sehingga harus mencakup materi-materi yang relevan dan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja di era digital. Oleh karena itu, laporan aktualisasi ini bertujuan untuk membahas langkah- langkah yang telah dan akan diambil dalam mengatasi tantangan terkait pembaruan format, materi, dan pembuatan RPS di program studi Sistem Informasi. Hal ini mencakup proses analisis kurikulum yang sedang berjalan, identifikasi kebutuhan materi ajar yang relevan, serta pengembangan RPS baru yang disesuaikan dengan standar akademik dan industri. Laporan ini juga akan memaparkan pendekatan inovatif yang diterapkan untuk memastikan bahwa RPS yang dirancang mampu mendorong proses pembelajaran yang lebih kreatif dan efisien
Bahasa Tidak tersedia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Tidak diketahui / tidak ditentukan
Lokasi Akses Online Puslatbang KMP LAN

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000018360
005 20241107091507
007 ta
008 241107###########################0######
035 # # $a 0010-1124000026
245 # # $a MATTAPI : $b Mengatasi Tantangan Adaptasi Pembelajaran Inovatif /$c A. Inayah Auliyah, M.Kom
260 # # $a Makassar :$b Puslatbang KMP LAN RI,$c 2024
300 # # $a 37 ; $c 30
520 # # $a Rancangan aktualisasi yang disusun dalam laporan ini merupakan salah satu bagian penting dari proses pelatihan LATSAR. Proses aktualisasi ini bertujuan untuk menerapkan nilai- nilai dasar ASN dan mengimplementasikan pengetahuan serta keterampilan yang telah diperoleh selama masa pelatihan ke dalam tugas sehari-hari di instansi tempat kita bertugas. Dengan demikian, proses ini diharapkan dapat membantu kita dalam meningkatkan. kinerja dan memberikan kontribusi yang nyata dalam mencapai tujuan organisasi. Berangkat dari permasalahan Seiring perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan industri yang semakin dinamis, program studi Sistem Informasi di perguruan tinggi harus terus beradaptasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah perumusan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan format baru, terutama untuk mata kuliah yang belum memiliki RPS dan mata kuliah baru yang perlu disesuaikan dengan kurikulum terkini. RPS berperan penting sebagai panduan dalam proses pembelajaran yang efektif, sehingga harus mencakup materi-materi yang relevan dan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja di era digital. Oleh karena itu, laporan aktualisasi ini bertujuan untuk membahas langkah- langkah yang telah dan akan diambil dalam mengatasi tantangan terkait pembaruan format, materi, dan pembuatan RPS di program studi Sistem Informasi. Hal ini mencakup proses analisis kurikulum yang sedang berjalan, identifikasi kebutuhan materi ajar yang relevan, serta pengembangan RPS baru yang disesuaikan dengan standar akademik dan industri. Laporan ini juga akan memaparkan pendekatan inovatif yang diterapkan untuk memastikan bahwa RPS yang dirancang mampu mendorong proses pembelajaran yang lebih kreatif dan efisien
650 # 4 $a Peningkatan kualitas pembelajaran
700 0 # $a Andi Wahyudin, S.E., M.Si (Coach)
700 0 # $a Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor)
856 # # $a Puslatbang KMP LAN
Content Unduh katalog