Judul | MATTAPI : Mengatasi Tantangan Adaptasi Pembelajaran Inovatif / A. Inayah Auliyah, M.Kom |
Pengarang | Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor) Andi Wahyudin, S.E., M.Si (Coach) |
Penerbitan | Makassar : Puslatbang KMP LAN RI, 2024 |
Deskripsi Fisik | 37 ;30 |
Subjek | Peningkatan kualitas pembelajaran |
Abstrak | Rancangan aktualisasi yang disusun dalam laporan ini merupakan salah satu bagian penting dari proses pelatihan LATSAR. Proses aktualisasi ini bertujuan untuk menerapkan nilai- nilai dasar ASN dan mengimplementasikan pengetahuan serta keterampilan yang telah diperoleh selama masa pelatihan ke dalam tugas sehari-hari di instansi tempat kita bertugas. Dengan demikian, proses ini diharapkan dapat membantu kita dalam meningkatkan. kinerja dan memberikan kontribusi yang nyata dalam mencapai tujuan organisasi. Berangkat dari permasalahan Seiring perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan industri yang semakin dinamis, program studi Sistem Informasi di perguruan tinggi harus terus beradaptasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah perumusan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan format baru, terutama untuk mata kuliah yang belum memiliki RPS dan mata kuliah baru yang perlu disesuaikan dengan kurikulum terkini. RPS berperan penting sebagai panduan dalam proses pembelajaran yang efektif, sehingga harus mencakup materi-materi yang relevan dan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja di era digital. Oleh karena itu, laporan aktualisasi ini bertujuan untuk membahas langkah- langkah yang telah dan akan diambil dalam mengatasi tantangan terkait pembaruan format, materi, dan pembuatan RPS di program studi Sistem Informasi. Hal ini mencakup proses analisis kurikulum yang sedang berjalan, identifikasi kebutuhan materi ajar yang relevan, serta pengembangan RPS baru yang disesuaikan dengan standar akademik dan industri. Laporan ini juga akan memaparkan pendekatan inovatif yang diterapkan untuk memastikan bahwa RPS yang dirancang mampu mendorong proses pembelajaran yang lebih kreatif dan efisien |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Lokasi Akses Online | Puslatbang KMP LAN |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000018360 | ||
005 | 20241107091507 | ||
007 | ta | ||
008 | 241107###########################0###### | ||
035 | # | # | $a 0010-1124000026 |
245 | # | # | $a MATTAPI : $b Mengatasi Tantangan Adaptasi Pembelajaran Inovatif /$c A. Inayah Auliyah, M.Kom |
260 | # | # | $a Makassar :$b Puslatbang KMP LAN RI,$c 2024 |
300 | # | # | $a 37 ; $c 30 |
520 | # | # | $a Rancangan aktualisasi yang disusun dalam laporan ini merupakan salah satu bagian penting dari proses pelatihan LATSAR. Proses aktualisasi ini bertujuan untuk menerapkan nilai- nilai dasar ASN dan mengimplementasikan pengetahuan serta keterampilan yang telah diperoleh selama masa pelatihan ke dalam tugas sehari-hari di instansi tempat kita bertugas. Dengan demikian, proses ini diharapkan dapat membantu kita dalam meningkatkan. kinerja dan memberikan kontribusi yang nyata dalam mencapai tujuan organisasi. Berangkat dari permasalahan Seiring perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan industri yang semakin dinamis, program studi Sistem Informasi di perguruan tinggi harus terus beradaptasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah perumusan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan format baru, terutama untuk mata kuliah yang belum memiliki RPS dan mata kuliah baru yang perlu disesuaikan dengan kurikulum terkini. RPS berperan penting sebagai panduan dalam proses pembelajaran yang efektif, sehingga harus mencakup materi-materi yang relevan dan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja di era digital. Oleh karena itu, laporan aktualisasi ini bertujuan untuk membahas langkah- langkah yang telah dan akan diambil dalam mengatasi tantangan terkait pembaruan format, materi, dan pembuatan RPS di program studi Sistem Informasi. Hal ini mencakup proses analisis kurikulum yang sedang berjalan, identifikasi kebutuhan materi ajar yang relevan, serta pengembangan RPS baru yang disesuaikan dengan standar akademik dan industri. Laporan ini juga akan memaparkan pendekatan inovatif yang diterapkan untuk memastikan bahwa RPS yang dirancang mampu mendorong proses pembelajaran yang lebih kreatif dan efisien |
650 | # | 4 | $a Peningkatan kualitas pembelajaran |
700 | 0 | # | $a Andi Wahyudin, S.E., M.Si (Coach) |
700 | 0 | # | $a Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor) |
856 | # | # | $a Puslatbang KMP LAN |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :