Detail Katalog
ID: 19014Cover Tidak Tersedia
Gambar cover belum diupload
PINTER : Peningkatan Inovasi Pembelajaran Interaktif / Andri Dwi Utomo, S.Kom., M.T
Pengarang:
Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor) ; Muskamal, S.Sos., M.Si (Coach)
Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor) ; Muskamal, S.Sos., M.Si (Coach)
Penerbit:
Puslatbang KMP RI LAN Makassar,
Puslatbang KMP RI LAN Makassar,
Tempat Terbit:
Makassar :
Makassar :
Tahun Terbit:
2024
2024
Bahasa:
###
###
Subjek
Pengembangan modul pembelajaran berbasis PJBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom
Deskripsi Fisik:
48 ; 30
48 ; 30
Control Number:
INLIS000000000018548
INLIS000000000018548
BIB ID:
0010-1124000214
0010-1124000214
Catatan
Laporan aktualisasi ini berfokus pada upaya peningkatan inovasi dalam pembelajaran interaktif pada Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie. Latar belakang dari isu yang diangkat adalah kurangnya interaktivitas dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata kuliah teknis seperti Pemrograman Berorientasi Objek (OOP). Modul pembelajaran yang ada masih bersifat konvensional dan tidak mengakomodasi pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning - PjBL) yang lebih aplikatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.
Isu utama yang diidentifikasi adalah kurangnya inovasi dalam modul pembelajaran, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini, laporan ini mengusulkan pengembangan modul pembelajaran berbasis PjBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan interaktivitas pembelajaran tetapi juga mempersiapkan mahasiswa menghadapi kebutuhan industri teknologi dengan lebih baik. Tujuan dari gagasan ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di program studi dengan menghadirkan pembelajaran yang lebih kolaboratif, interaktif, dan berbasis teknologi. Manfaatnya meliputi peningkatan profesionalisme dosen dalam penerapan teknologi dalam pengajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih aplikatif bagi mahasiswa. Dengan implementasi ini, diharapkan proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Komputer akan lebih relevan dengan kebutuhan dunia industri serta mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis inovasi.
Demikian, laporan ini memberikan solusi nyata dalam mendukung pembelajaran modern melalui teknologi, meningkatkan interaktivitas, dan memperkuat kemampuan mahasiswa dalam bidang pemrograman.
Isu utama yang diidentifikasi adalah kurangnya inovasi dalam modul pembelajaran, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini, laporan ini mengusulkan pengembangan modul pembelajaran berbasis PjBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan interaktivitas pembelajaran tetapi juga mempersiapkan mahasiswa menghadapi kebutuhan industri teknologi dengan lebih baik. Tujuan dari gagasan ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di program studi dengan menghadirkan pembelajaran yang lebih kolaboratif, interaktif, dan berbasis teknologi. Manfaatnya meliputi peningkatan profesionalisme dosen dalam penerapan teknologi dalam pengajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih aplikatif bagi mahasiswa. Dengan implementasi ini, diharapkan proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Komputer akan lebih relevan dengan kebutuhan dunia industri serta mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis inovasi.
Demikian, laporan ini memberikan solusi nyata dalam mendukung pembelajaran modern melalui teknologi, meningkatkan interaktivitas, dan memperkuat kemampuan mahasiswa dalam bidang pemrograman.
Status
Tersedia di OPAC
Bibliografi Nasional Indonesia
Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Format MARC21 - Total 13 field
Tag | Ind1 | Ind2 | Nilai | Urutan |
---|---|---|---|---|
001 | _ |
_ |
INLIS000000000018548 | 1 |
005 | _ |
_ |
20241122014819 | 2 |
035 | # |
# |
$a 0010-1124000214 | 3 |
007 | _ |
_ |
ta | 4 |
008 | _ |
_ |
241122###########################0###### | 5 |
245 | # |
# |
$a PINTER : $b Peningkatan Inovasi Pembelajaran Interaktif /$c Andri Dwi Utomo, S.Kom., M.T | 6 |
260 | # |
# |
$a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 | 7 |
300 | # |
# |
$a 48 ; $c 30 | 8 |
650 | # |
4 |
$a Pengembangan modul pembelajaran berbasis PJBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom | 9 |
700 | _ |
# |
$a Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor) | 10 |
700 | _ |
# |
$a Muskamal, S.Sos., M.Si (Coach) | 11 |
520 | # |
# |
$a Laporan aktualisasi ini berfokus pada upaya peningkatan inovasi dalam pembelajaran interaktif pada Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie. Latar belakang dari isu yang diangkat adalah kurangnya interaktivitas dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata kuliah teknis seperti Pemrograman Berorientasi Objek (OOP). Modul pembelajaran yang ada masih bersifat konvensional dan tidak mengakomodasi pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning - PjBL) yang lebih aplikatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Isu utama yang diidentifikasi adalah kurangnya inovasi dalam modul pembelajaran, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini, laporan ini mengusulkan pengembangan modul pembelajaran berbasis PjBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan interaktivitas pembelajaran tetapi juga mempersiapkan mahasiswa menghadapi kebutuhan industri teknologi dengan lebih baik. Tujuan dari gagasan ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di program studi dengan menghadirkan pembelajaran yang lebih kolaboratif, interaktif, dan berbasis teknologi. Manfaatnya meliputi peningkatan profesionalisme dosen dalam penerapan teknologi dalam pengajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih aplikatif bagi mahasiswa. Dengan implementasi ini, diharapkan proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Komputer akan lebih relevan dengan kebutuhan dunia industri serta mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis inovasi. Demikian, laporan ini memberikan solusi nyata dalam mendukung pembelajaran modern melalui teknologi, meningkatkan interaktivitas, dan memperkuat kemampuan mahasiswa dalam bidang pemrograman. | 12 |
856 | # |
# |
$a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar | 13 |
Penjelasan Field MARC21:
- 001: Control Number
- 005: Date and Time of Latest Transaction
- 020: ISBN
- 100: Main Entry - Personal Name
- 245: Title Statement
- 250: Edition Statement
- 260: Publication Information
- 300: Physical Description
- 650: Subject
- 700: Added Entry - Personal Name
Aksi Cepat
Informasi Katalog
Ditambahkan: 22 Nov 2024