Logo

Perpustakaan Pusat LAN RI

Gedung Makarti Bhakti Nagarti, Lantai 1. Jl. Administrasi II No.24 9, RT.9/RW.9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Detail Katalog

ID: 19040
Cover Tidak Tersedia

Gambar cover belum diupload

KANA BELI AIR : Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako / apt. Sri Sulistiana Sulaiman , S.Farm., M.Si

Pengarang:
Dr. Lif.Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc., M.Lif.Sc (Mentor) ; Irmayani, S.AP., M.I.Kom (Coach)
Penerbit:
Puslatbang KMP RI LAN Makassar,
Tempat Terbit:
Makassar :
Tahun Terbit:
2024
Bahasa:
###
Subjek
Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako
Deskripsi Fisik:
70 ; 30
Control Number:
INLIS000000000018574
BIB ID:
0010-1124000240
Catatan
Kegiatan aktualisasi ini berfokus pada peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Tadulako. Berdasarkan pengamatan, ditemukan isu utama bahwa masih banyak mahasiswa farmasi yang kesulitan memahami materi yang berkaitan dengan perhitungan dosis dan analisis resep, yang menjadi dasar penting bagi keterampilan mereka dalam bidang kefarmasian. Kurangnya pemahaman ini tidak hanya berdampak pada hasil akademik yang rendah, tetapi juga dapat menghambat keterampilan praktik mahasiswa yang penting dalam dunia kerja nantinya.

Sebagai upaya untuk mengatasi isu tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan aktualisasi yaitu pembuatan media pembelajaran interaktif berupa flipbook dan mengadakan pembelajaran yang lebih interaktif melalui game edukasi. Flipbook digunakan untuk menyajikan materi secara sistematis dan menarik, sehingga mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri. Sementara itu, game edukasi diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan interaksi dan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan.

Kegiatan aktualisasi telah terlaksana dengan baik melalui 6 kegiatan yang terdiri dari 21 tahapan kegiatan yang direncanakan serta dibuktikan melalui hasil evaluasi mahasiswa lewat pre testdan post test diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa sebesar 25,72%.
Status
Tersedia di OPAC Bibliografi Nasional Indonesia Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Format MARC21 - Total 13 field
Tag Ind1 Ind2 Nilai Urutan
001 _ _ INLIS000000000018574 1
005 _ _ 20241126021611 2
035 # # $a 0010-1124000240 3
007 _ _ ta 4
008 _ _ 241126###########################0###### 5
245 # # $a KANA BELI AIR : $b Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako /$c apt. Sri Sulistiana Sulaiman , S.Farm., M.Si 6
260 # # $a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 7
300 # # $a 70 ; $c 30 8
650 # 4 $a Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook dan Proses Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Tadulako 9
700 _ # $a Dr. Lif.Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc., M.Lif.Sc (Mentor) 10
700 _ # $a Irmayani, S.AP., M.I.Kom (Coach) 11
520 # # $a Kegiatan aktualisasi ini berfokus pada peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Resep di Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Tadulako. Berdasarkan pengamatan, ditemukan isu utama bahwa masih banyak mahasiswa farmasi yang kesulitan memahami materi yang berkaitan dengan perhitungan dosis dan analisis resep, yang menjadi dasar penting bagi keterampilan mereka dalam bidang kefarmasian. Kurangnya pemahaman ini tidak hanya berdampak pada hasil akademik yang rendah, tetapi juga dapat menghambat keterampilan praktik mahasiswa yang penting dalam dunia kerja nantinya. Sebagai upaya untuk mengatasi isu tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan aktualisasi yaitu pembuatan media pembelajaran interaktif berupa flipbook dan mengadakan pembelajaran yang lebih interaktif melalui game edukasi. Flipbook digunakan untuk menyajikan materi secara sistematis dan menarik, sehingga mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri. Sementara itu, game edukasi diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan interaksi dan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan aktualisasi telah terlaksana dengan baik melalui 6 kegiatan yang terdiri dari 21 tahapan kegiatan yang direncanakan serta dibuktikan melalui hasil evaluasi mahasiswa lewat pre testdan post test diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa sebesar 25,72%. 12
856 # # $a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar 13
Penjelasan Field MARC21:
  • 001: Control Number
  • 005: Date and Time of Latest Transaction
  • 020: ISBN
  • 100: Main Entry - Personal Name
  • 245: Title Statement
  • 250: Edition Statement
  • 260: Publication Information
  • 300: Physical Description
  • 650: Subject
  • 700: Added Entry - Personal Name