Logo

Perpustakaan Pusat LAN RI

Gedung Makarti Bhakti Nagarti, Lantai 1. Jl. Administrasi II No.24 9, RT.9/RW.9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Detail Katalog

ID: 20286
Cover Tidak Tersedia

Gambar cover belum diupload

Literasi Pangan Bagi Peserta Didik SD Dan SMP di kota Kendari / Saemina

Edisi: 1

Pengarang:
Saemina
Penerbit:
Pusbangkom Pimnas,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Tahun Terbit:
2024
Subjek
Gizi
Deskripsi Fisik:
150 : ilus ; 29 x 21 x 2
Nomor Panggil:
R 0032 PKN II 2024
Control Number:
INLIS000000000019814
BIB ID:
0010-0425000157
Catatan
Proyek perubahan ini merupakan langkah strategis untuk mendukung visi dan misi
nasional dalam memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kualitas sumber daya
manusia di Indonesia. Sebagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan
kebudayaan di Kota Kendari, proyek ini tidak hanya berfungsi sebagai upaya peningkatan
kesehatan dan kesejahteraan peserta didik, tetapi juga sebagai contoh kepemimpinan
dalam mengintegrasikan kebijakan pangan ke dalam sektor pendidikan. Pentingnya
proyek ini bagi seorang pemimpin daerah adalah dalam menciptakan sinergi antara
kebijakan pusat dan daerah yang berfokus pada kesehatan dan pendidikan, yang pada
akhirnya mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat secara menyeluruh.
Literasi pangan adalah pemahaman dan kemampuan individu untuk mengenali,
memilih, serta mengolah makanan yang bergizi dan aman bagi kesehatan. Dalam konteks
pendidikan, literasi pangan mencakup pengetahuan dasar tentang sumber pangan lokal,
manfaat gizi dari berbagai jenis makanan, serta keterampilan dalam memilih dan
mengolah pangan yang sehat. Literasi pangan di tingkat sekolah dasar dan menengah
pertama bertujuan untuk menanamkan kesadaran sejak dini mengenai pentingnya gizi
seimbang, yang berkontribusi pada pembentukan pola makan yang sehat dan gaya hidup
yang berkelanjutan.
Bagi peserta didik, literasi pangan adalah fondasi penting dalam mengembangkan
kebiasaan makan yang sehat, yang mendukung perkembangan fisik dan kognitif mereka.
Guru memegang peran sentral sebagai fasilitator dan model dalam mengajarkan dan
menerapkan prinsip-prinsip literasi pangan di lingkungan sekolah. Sementara itu, orang
tua berperan sebagai pendamping yang memperkuat pengetahuan dan praktik literasi
pangan di rumah. Dengan demikian, sinergi antara peserta didik, guru, dan orang tua
sangat krusial dalam menciptakan ekosistem yang mendukung kesehatan dan
kesejahteraan peserta didik secara keseluruhan.
Gagasan pemerintahan baru mengenai pemberian makanan bergizi gratis di
sekolah-sekolah sangat relevan dengan proyek literasi pangan ini. Program ini dapat
diintegrasikan dengan pendidikan literasi pangan, di mana peserta didik tidak hanya
menerima makanan bergizi, tetapi juga memahami pentingnya gizi tersebut dan
bagaimana makanan tersebut dipilih dan disiapkan. Sinergi ini akan meningkatkan
efektivitas program pemberian makanan bergizi dan memastikan bahwa peserta didik
mendapatkan manfaat maksimal dari program tersebut, baik dari sisi kesehatan maupun
pendidikan.
Adapun program dari proyek perubahan ini terbagi atas tiga yaitu: Program Jangka
Pendek (0-6 bulan) meliputi, pembentukan tim efektif dan fasilitator, sosialisasi dan
edukasi proyek kepada seluruh pemangku kepentingan, membuat buku dan modul

LAPORAN PROPER LIPANTARI

xiii

pembelajaran, pelatihan dan workshop kepada kepala sekolah dan guru SD/SMP
mengenai literasi pangan dan implementasinya di kelas, dan lauching LIPANTARI.
Program Jangka Menengah (6-12 bulan) meliputi, implementasi program literasi pangan
ke dalam kurikulum di sekolah-sekolah dasar dan menengah pertama, peningkatan
kompetensi guru dan peserta didik, kerjasama dengan komunitas dan Lembaga lokal,
serta monitoring dan evaluasi program untuk memastikan efektivitas dan kesesuaiannya
dengan tujuan. Program Jangka Panjang (1-3 tahun) meliputi, penguatan budaya literasi
pangan, peningkatan kualitas dan daya sains pendidikan, pengembangan produk dan
inovasi pangan, pembentukan jaringan dan komunitas literasi pangan, serta
pengembangan kebijakan dan regulasi.
Program LIPANTARI yang sudah dilaksanakan adalah Program Jangka Pendek
meliputi, 1) Pembentukan tim efektif dan fasilitator dan telah diterbitkan Surat Keputusan
(SK) yang ditandatangani oleh Pj.Walikota Kendari Bapak MUHAMAD YUSUF ,S.E.,
M.Si.; 2) Sosialisasi dan edukasi proyek kepada seluruh pemangku kepentingan meliputi:
Sosialisasi kepada Kepala SD dan Kepala SMP se Kota Kendari yang dilaksanakan pada
tanggal 04 September 2024 bertempat di Hotel Azizah Kendari dan dibuka oleh Asisten
II Bidang Perekonomian Sekda Kota Kendari Bapak Drs. H. Jahudding. M.Si, Sosialisasi
dalam bentuk penyampaian melalui media, infografis, dan video pendek tentang pangan
lokal dan manfaatnya, Sosialisasi dan edukasi melalui Gelar Karya Proyek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mendukung LIPANTANRI di SMPN 1 dan SMPN 9
Kendari pada 19 September 2024 dan 25 September 2024, ; 3) Membuat buku literasi
pangan untuk peserta didik SD dan SMP dan modul pembelajaran,; 4) Pelatihan dan
workshop kepada kepala sekolah dan guru SD/SMP mengenai literasi pangan dan
implementasinya di kelas, meliputi Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru Sekolah
Menengah Pertama dilaksanakan pada tanggal 5 September 2024 bertempat di SMPN 3
Kendari, Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar dilaksanakan pada tanggal 6
sampai dengan 8 September 2024 bertempat di SDN 95 Kendari, Workshop yang
dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober 2024 bertempat di Hotel Azizah Kendari dan
dibuka oleh Sekertaris Daerah Kota Kendari Bapak Dr. Drs. H. Ridwansyah Taridala.
M.Si. dan sebagai Narasamber Kepala SMPN 9 kendari bapak H. Mansur Mokuni, S.Pd.,
M.Pd.; dan 5) Lauching LIPANTARI dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari
Bapak Dr. Drs. H. Ridwansyah Taridala, M.Si. pada hari Selasa tanggal 08 Oktober 2024
bertempat di Aula Samaturu Kantor Wali Kota Kendari, yang dihadiri oleh Kertua DPRD,
Perwakilan Universitas, Asisten, staf ahli dan Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala SD dan
Kepala SMP se-Kota Kendari.
Status
Tersedia di OPAC Bibliografi Nasional Indonesia Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode Nomor Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000022886 R 0032 PKN II 2024 Baca di tempat Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
Format MARC21 - Total 15 field
Tag Ind1 Ind2 Nilai Urutan
001 _ _ INLIS000000000019814 1
005 _ _ 20250423114310 2
035 # # $a 0010-0425000157 3
007 _ _ ta 4
008 _ _ 250423################|##########|#|## 5
084 # # $a R 0032 PKN II 2024 6
100 _ # $a Saemina 7
245 1 # $a Literasi Pangan Bagi Peserta Didik SD Dan SMP di kota Kendari /$c Saemina 8
250 # # $a 1 9
260 # # $a Jakarta :$b Pusbangkom Pimnas,$c 2024 10
300 # # $a 150 : $b ilus ; $c 29 x 21 x 2 11
650 # 4 $a Gizi 12
520 # # $a Proyek perubahan ini merupakan langkah strategis untuk mendukung visi dan misi nasional dalam memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Sebagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan di Kota Kendari, proyek ini tidak hanya berfungsi sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan peserta didik, tetapi juga sebagai contoh kepemimpinan dalam mengintegrasikan kebijakan pangan ke dalam sektor pendidikan. Pentingnya proyek ini bagi seorang pemimpin daerah adalah dalam menciptakan sinergi antara kebijakan pusat dan daerah yang berfokus pada kesehatan dan pendidikan, yang pada akhirnya mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat secara menyeluruh. Literasi pangan adalah pemahaman dan kemampuan individu untuk mengenali, memilih, serta mengolah makanan yang bergizi dan aman bagi kesehatan. Dalam konteks pendidikan, literasi pangan mencakup pengetahuan dasar tentang sumber pangan lokal, manfaat gizi dari berbagai jenis makanan, serta keterampilan dalam memilih dan mengolah pangan yang sehat. Literasi pangan di tingkat sekolah dasar dan menengah pertama bertujuan untuk menanamkan kesadaran sejak dini mengenai pentingnya gizi seimbang, yang berkontribusi pada pembentukan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang berkelanjutan. Bagi peserta didik, literasi pangan adalah fondasi penting dalam mengembangkan kebiasaan makan yang sehat, yang mendukung perkembangan fisik dan kognitif mereka. Guru memegang peran sentral sebagai fasilitator dan model dalam mengajarkan dan menerapkan prinsip-prinsip literasi pangan di lingkungan sekolah. Sementara itu, orang tua berperan sebagai pendamping yang memperkuat pengetahuan dan praktik literasi pangan di rumah. Dengan demikian, sinergi antara peserta didik, guru, dan orang tua sangat krusial dalam menciptakan ekosistem yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan peserta didik secara keseluruhan. Gagasan pemerintahan baru mengenai pemberian makanan bergizi gratis di sekolah-sekolah sangat relevan dengan proyek literasi pangan ini. Program ini dapat diintegrasikan dengan pendidikan literasi pangan, di mana peserta didik tidak hanya menerima makanan bergizi, tetapi juga memahami pentingnya gizi tersebut dan bagaimana makanan tersebut dipilih dan disiapkan. Sinergi ini akan meningkatkan efektivitas program pemberian makanan bergizi dan memastikan bahwa peserta didik mendapatkan manfaat maksimal dari program tersebut, baik dari sisi kesehatan maupun pendidikan. Adapun program dari proyek perubahan ini terbagi atas tiga yaitu: Program Jangka Pendek (0-6 bulan) meliputi, pembentukan tim efektif dan fasilitator, sosialisasi dan edukasi proyek kepada seluruh pemangku kepentingan, membuat buku dan modul LAPORAN PROPER LIPANTARI xiii pembelajaran, pelatihan dan workshop kepada kepala sekolah dan guru SD/SMP mengenai literasi pangan dan implementasinya di kelas, dan lauching LIPANTARI. Program Jangka Menengah (6-12 bulan) meliputi, implementasi program literasi pangan ke dalam kurikulum di sekolah-sekolah dasar dan menengah pertama, peningkatan kompetensi guru dan peserta didik, kerjasama dengan komunitas dan Lembaga lokal, serta monitoring dan evaluasi program untuk memastikan efektivitas dan kesesuaiannya dengan tujuan. Program Jangka Panjang (1-3 tahun) meliputi, penguatan budaya literasi pangan, peningkatan kualitas dan daya sains pendidikan, pengembangan produk dan inovasi pangan, pembentukan jaringan dan komunitas literasi pangan, serta pengembangan kebijakan dan regulasi. Program LIPANTARI yang sudah dilaksanakan adalah Program Jangka Pendek meliputi, 1) Pembentukan tim efektif dan fasilitator dan telah diterbitkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani oleh Pj.Walikota Kendari Bapak MUHAMAD YUSUF ,S.E., M.Si.; 2) Sosialisasi dan edukasi proyek kepada seluruh pemangku kepentingan meliputi: Sosialisasi kepada Kepala SD dan Kepala SMP se Kota Kendari yang dilaksanakan pada tanggal 04 September 2024 bertempat di Hotel Azizah Kendari dan dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian Sekda Kota Kendari Bapak Drs. H. Jahudding. M.Si, Sosialisasi dalam bentuk penyampaian melalui media, infografis, dan video pendek tentang pangan lokal dan manfaatnya, Sosialisasi dan edukasi melalui Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mendukung LIPANTANRI di SMPN 1 dan SMPN 9 Kendari pada 19 September 2024 dan 25 September 2024, ; 3) Membuat buku literasi pangan untuk peserta didik SD dan SMP dan modul pembelajaran,; 4) Pelatihan dan workshop kepada kepala sekolah dan guru SD/SMP mengenai literasi pangan dan implementasinya di kelas, meliputi Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Menengah Pertama dilaksanakan pada tanggal 5 September 2024 bertempat di SMPN 3 Kendari, Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 8 September 2024 bertempat di SDN 95 Kendari, Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober 2024 bertempat di Hotel Azizah Kendari dan dibuka oleh Sekertaris Daerah Kota Kendari Bapak Dr. Drs. H. Ridwansyah Taridala. M.Si. dan sebagai Narasamber Kepala SMPN 9 kendari bapak H. Mansur Mokuni, S.Pd., M.Pd.; dan 5) Lauching LIPANTARI dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari Bapak Dr. Drs. H. Ridwansyah Taridala, M.Si. pada hari Selasa tanggal 08 Oktober 2024 bertempat di Aula Samaturu Kantor Wali Kota Kendari, yang dihadiri oleh Kertua DPRD, Perwakilan Universitas, Asisten, staf ahli dan Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala SD dan Kepala SMP se-Kota Kendari. 13
856 # # $a Perpustakaan Pusat LAN 14
990 # # $a 2024/1.2.2/A/0031 16
Penjelasan Field MARC21:
  • 001: Control Number
  • 005: Date and Time of Latest Transaction
  • 020: ISBN
  • 100: Main Entry - Personal Name
  • 245: Title Statement
  • 250: Edition Statement
  • 260: Publication Information
  • 300: Physical Description
  • 650: Subject
  • 700: Added Entry - Personal Name
Informasi Katalog

Ditambahkan: 23 Apr 2025
Export