Detail Katalog
ID: 5899
Etika bisnis : Tinjauan empiris dan kiat mengembangkan bisnis sehat. / Redi Panuju
Pengarang:
Panuju, Redi
Panuju, Redi
Penerbit:
Gramedia Widiasarana,
Gramedia Widiasarana,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Jakarta :
Tahun Terbit:
1995
1995
Bahasa:
ind
ind
Subjek
Bisnis - etika
Deskripsi Fisik:
vi, 107 hlm. : ilus. ; 21 cm.
vi, 107 hlm. : ilus. ; 21 cm.
ISBN:
9795536567
9795536567
Nomor Panggil:
174.4 Pan e
174.4 Pan e
Control Number:
INLIS000000000005704
INLIS000000000005704
BIB ID:
0010-0819000134
0010-0819000134
Catatan
Memahami "teori etika" pada dasarnya berguna untuk merumuskan dan mengambil nilai-nilai kebenaran, yang oleh individu ataupun masyarakat menjadi dasar bertindak. Tetapi, disisi lain pemahaman terhadap etika bisa juga berfungsi untuk menggeledah nilai-nilai kebenaran yang selama ini dianggap sudah mapan. Apapun fungsinya yang diambil, pastilah akan menemukan kenyataan bahwa nilai-nilai kebenaran itu ternyata banyak ragamnya atau kompleks. Disinilah manusia diharapkan bijaksana, yaitu menerapkan ragam kebenaran itu secara proporsional (pada tempatnya). Tanpa landasan demikian orang justru tak menutup kemungkinan melakukan pelanggaran etis dengan bersembunyi di balik etika itu sendiri. Jika begitu, maka etika tak lebih sebagai alat yang dipakai untuk tujuan pribadi tanpa mengindahkan orang lain. Itu adalah sebuah tragedi.
Berkaitan dengan etika yang bertujuan mendukung tujuan bisnis, manusia telah ditolong oleh keragaman tersebut, sehingga bisa mengintroduksi sesuai dengan situasi dan kondisi. Etika menjadi pertimbangan-pertimbangan mereka dalam membuat peraturan, kebiasaan-kebiasaan (konvensi), rencana (planning) dan kesepakatan-kesepakatan. Masing-masing memperhatikan dan memperlihatkan tradisi korporasinyas (corporate tradition). Pada akhirnya tradisi korporasi tersebut membentuk etika terapanyang khas, mulai dari seragam pakaian, jam kerja, cara menghadap atasan, cara memimpin rapat, cara menerima tamu (protokoler), cara menerima telepon, cara melobi, tata cara makan bersama,,tata cara menghadiri coffe morning, tata cara negosiasi sampai dengan cara memberi atensi kepada bawahan, etika terapan ini lazimnya disebut etiket. (Tp)
Berkaitan dengan etika yang bertujuan mendukung tujuan bisnis, manusia telah ditolong oleh keragaman tersebut, sehingga bisa mengintroduksi sesuai dengan situasi dan kondisi. Etika menjadi pertimbangan-pertimbangan mereka dalam membuat peraturan, kebiasaan-kebiasaan (konvensi), rencana (planning) dan kesepakatan-kesepakatan. Masing-masing memperhatikan dan memperlihatkan tradisi korporasinyas (corporate tradition). Pada akhirnya tradisi korporasi tersebut membentuk etika terapanyang khas, mulai dari seragam pakaian, jam kerja, cara menghadap atasan, cara memimpin rapat, cara menerima tamu (protokoler), cara menerima telepon, cara melobi, tata cara makan bersama,,tata cara menghadiri coffe morning, tata cara negosiasi sampai dengan cara memberi atensi kepada bawahan, etika terapan ini lazimnya disebut etiket. (Tp)
Status
Tersedia di OPAC
Bibliografi Nasional Indonesia
Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode | Nomor Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
B1902823 |
174.4 Pan e |
Dapat dipinjam | Perpustakaan LAN Jakarta | Tersedia |
Aksi Cepat
Informasi Katalog
Ditambahkan: 30 Aug 2019