Logo

Perpustakaan Pusat LAN RI

Gedung Makarti Bhakti Nagarti, Lantai 1. Jl. Administrasi II No.24 9, RT.9/RW.9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Detail Katalog

ID: 6213
Cover Tidak Tersedia

Gambar cover belum diupload

Pengelolaan perpustakaan jilid 1. / Noerhayati S.

Edisi: Cet.1

Pengarang:
Noerhayati
Penerbit:
Alumni,
Tempat Terbit:
Bandung :
Tahun Terbit:
1987
Bahasa:
ind
Subjek
Perpustakaan
Deskripsi Fisik:
vii, 163 hlm. : ilus. ; 21 cm.
ISBN:
9794140988
Nomor Panggil:
027.7 Noe p
Control Number:
INLIS000000000006018
BIB ID:
0010-1019000137
Catatan
Untuk mengetahui peranan perpustakaan dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Maka kita harus tahu hakekat perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi adalah suatu unit kerja yang merupakan bagian integral dari suatu lembaga induknya yang bersama dengan unit lainnya tetapi dalam peranan yang berbeda, bertugas membantu perguruan tinggi alam melaksanakan tridarmanya. Dan perpustakaan tersebut mempunyai tujuan : untuk mendukung, memperlancar serta mempertinggi kualitas pelaksanaan program perguruan tinggi melalui pelayanan informasi yang meliputi aspek-aspek pengumpulan, pengolahan, pemanfaatan dan penyebarluasan informasi. Fungsi universal perpustakaan harus mampu berdiri di garis depan dari perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. sebab pendidik dan anak didik selalu bertautan dengan hal-hal yang terjadi di masyarakat. Untuk memenuhi tuntutan inilah maka, sekolah-sekolah, perguruan tinggi-perguruan tinggi perlu dilengkapi dengan perpustakaan.
Fungsi perpustakaan perguruan tinggi dalam versi yang baru adalah : jantung dari semua program pendidikan universitas.pusat alat-alat peraga pengajaran.clearing house, pusat pengumpulan/penyimpanan bagi semua penerbitan dan pusat kegiatan kultural masyarakat. Untuk dapat melaksanakan fungsinya tersebut, maka program kerja perpustakaan perguruan tinggi dalam pelayanan informasi mencakup : program kerja pelayanan teknis, yaitu terkait layanan informasi.rogram kerja layanan pemakai.
Sementara itu, fungsi dan dayaguna perpustakaan sekolah dalam proses belajar mengajar adalah : memfasilitasi para pengajar dan peserta didik dalam rangka menjalankan metode pengajaran yang berorientasi dengan jenis sekolah dan organisasi kurikulum yang dianut oleh sekolah itu. Dimana dalam program pengajaran sekolah modern, disamping menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi "problem solving"ia juga berorientasi pada penggunaan sumber-sumber masyarakat. Impak dari penggunaan metode tadi mengharuskan siswa melakukan kegiatan eksperimen, berdiskusi dan kegiatan lainnya, baik di dalam kelas maupun di alam bebas dan di perpustakaan, secara individu dan dalam hubungan kelompok.yang mendorong kearah pemikiran yang produktif dan kritis. Yang terpenting dalam hal ini adalah adanya hubungan kerja antara pustakawan dengan guru, pustakawan dengan siswa dan pustakawan dengan masyarakat (orang tua murid) dalam rangka untuk mengantisipasi adanya permasalahan dalam bidang pembelajaran.
Pentingnya perpustakaan dalam menunjang suksesnya pendidikan di Indonesi. Bahwa terdapat kaitan yang erat antara perbukuan dengan pembangunan. Melalui bacaan yang baik masyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya, memperluas pandangannya, memperluas budi pekertinya, dan mematangkan kebudayaannya. Dalam arti buku merupakan alat yang penting untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan, khususnya sumber daya manusia. Dilain pihakdalam dunia yang bertabah maju, pendidikan tidaklah berakhir pada saat kita meninggalkan kesarjanaan.Oleh karena itulah maka perpustakaan didirikan sebagai salah satu alat untuk memungkinkan rakyat untuk menikmati sumber-sumber pengetahuan. (Tp)
Status
Tersedia di OPAC Bibliografi Nasional Indonesia Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode Nomor Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
B19032700 027.7 Noe p Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
Informasi Katalog

Ditambahkan: 24 Oct 2019
Export