Judul | PAKDE KOBE PRO FISIKA : Peninjauan Kurikulum Dengan Kurikulum Berbasis OBE di Prodi Pendidikan Fisika / Afiq Agung, S.Pd., M.Si |
Pengarang | Dr. Rafiqa, S.Pd., M.Pd (Mentor) Fajar Lingga Prasetya, S.AB (Coach) |
Penerbitan | Makassar : Puslatbang KMP RI LAN Makassar, 2024 |
Deskripsi Fisik | 39 ;30 |
Subjek | Pengembangan Kurikulum Baru |
Abstrak | Aktualisasi dan Habituasi yang terdiri dari lima kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 16 September sampai 12 Oktober 2024 di Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sulawesi Barat, dengan menerapkan nilai nilai ASN yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) serta keterkaitan kegiatan dengan peran dan kedudukan ASN dalam NKRI (Manajemen ASN dan SMART ASN) dalam pelaksanaan aktualisasi yang diberi judul "Pakde KOBE Pro Fisika ini disimpulkan bahwa pelaksanaan aktualisasi peninjauan kurikulum terhadap konsep OBE memberikan kesadaran dan insight kepada prodi tentang pentingnya pembaharuan kurikulum menjadi kurikulum baru yang berbasis OBE karena selama ini kurikulum di program studi masih berbasis KKNI tahun 2019, selain itu aktualisasi ini membantu pihak prodi dalam mempersiapkan pengembangan kurikulum baru seperti mengumpulkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dosen dosen pengampu mata kuliah, dan membantu sivitas akademi di prodi dalam mengenal dan mengetahui kurikulum terkini yang berbasis Outcome-Based Education (OBE) melalui infografis yang dibuat. Setiap kegiatan dan tahapan aktualisasi diterapkan nilai-nilai dasar BerAKHLAK sehingga output dari setiap kegiatan yang dihasilkan bermanfaat, baik untuk penulis, unit kerja, dosen dosen maupun mahasiswa yang merasakan pentingnya menghadirkan kurikulum baru di program studi yang adaptif terhadap kondisi akademik perguruan yang terkini dan pentingnya outcome atau mahasiswa yang siap menghadapi dunia pasca perkuliahan setelah melaksanakan pendidikan di prodi Pendidikan Fisika, Universitas Sulawesi Barat. Nilai dasar ASN BerAKHLAK yang paling banyak diterapkan adalah nilai Kolabratif sebanyak 39 kali diterapkan melalui tiga panduan perilakunya, kemudian nilai Harmonis sebanyak 35 kali diterapkan melalui tiga panduan perilakunya, selanjutnya nilai Berorientasi Pelayanan dan nilai Adaptif yang masing-masing sebanyak 28 kali dan dengan tiga panduan perilakunya juga masing masing, kemudian nilai Kompeten sebanyak 26 kali diterapkan melalui dua panduan perilakunya, lalu disusul nilai Akuntabel sebanyak 17 kali diterapkan melalui satu panduan perilakunya, dan yang paling sedikit nilai Loyal yaitu sebanyak II kali diterapkan melalui satu panduan perilakunya saja. Secara pribadi, dampak yang paling dirasakan setelah menerapkan ASN Berakhlak adalah saya semakin aware dan menyadari bahwa ketujuh nilai dasar ASN Berakhlak dapat meningkatkan kualitas pekerjaan sebagai ASN dan dari segi kuantitasnya juga dapat meningkat. Berpengaruh juga pada bagaimana berhubungan baik dengan rekan kerja dan pimpinan, serta memberikan dampak yang berarti bagi instansi serta peningkatan pengambangan kualitas diri juga mendapatkan pengaruh. |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Lokasi Akses Online | PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000018524 | ||
005 | 20241121082727 | ||
007 | ta | ||
008 | 241121###########################0###### | ||
035 | # | # | $a 0010-1124000190 |
245 | # | # | $a PAKDE KOBE PRO FISIKA : $b Peninjauan Kurikulum Dengan Kurikulum Berbasis OBE di Prodi Pendidikan Fisika /$c Afiq Agung, S.Pd., M.Si |
260 | # | # | $a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 |
300 | # | # | $a 39 ; $c 30 |
520 | # | # | $a Aktualisasi dan Habituasi yang terdiri dari lima kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 16 September sampai 12 Oktober 2024 di Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sulawesi Barat, dengan menerapkan nilai nilai ASN yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) serta keterkaitan kegiatan dengan peran dan kedudukan ASN dalam NKRI (Manajemen ASN dan SMART ASN) dalam pelaksanaan aktualisasi yang diberi judul "Pakde KOBE Pro Fisika ini disimpulkan bahwa pelaksanaan aktualisasi peninjauan kurikulum terhadap konsep OBE memberikan kesadaran dan insight kepada prodi tentang pentingnya pembaharuan kurikulum menjadi kurikulum baru yang berbasis OBE karena selama ini kurikulum di program studi masih berbasis KKNI tahun 2019, selain itu aktualisasi ini membantu pihak prodi dalam mempersiapkan pengembangan kurikulum baru seperti mengumpulkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dosen dosen pengampu mata kuliah, dan membantu sivitas akademi di prodi dalam mengenal dan mengetahui kurikulum terkini yang berbasis Outcome-Based Education (OBE) melalui infografis yang dibuat. Setiap kegiatan dan tahapan aktualisasi diterapkan nilai-nilai dasar BerAKHLAK sehingga output dari setiap kegiatan yang dihasilkan bermanfaat, baik untuk penulis, unit kerja, dosen dosen maupun mahasiswa yang merasakan pentingnya menghadirkan kurikulum baru di program studi yang adaptif terhadap kondisi akademik perguruan yang terkini dan pentingnya outcome atau mahasiswa yang siap menghadapi dunia pasca perkuliahan setelah melaksanakan pendidikan di prodi Pendidikan Fisika, Universitas Sulawesi Barat. Nilai dasar ASN BerAKHLAK yang paling banyak diterapkan adalah nilai Kolabratif sebanyak 39 kali diterapkan melalui tiga panduan perilakunya, kemudian nilai Harmonis sebanyak 35 kali diterapkan melalui tiga panduan perilakunya, selanjutnya nilai Berorientasi Pelayanan dan nilai Adaptif yang masing-masing sebanyak 28 kali dan dengan tiga panduan perilakunya juga masing masing, kemudian nilai Kompeten sebanyak 26 kali diterapkan melalui dua panduan perilakunya, lalu disusul nilai Akuntabel sebanyak 17 kali diterapkan melalui satu panduan perilakunya, dan yang paling sedikit nilai Loyal yaitu sebanyak II kali diterapkan melalui satu panduan perilakunya saja. Secara pribadi, dampak yang paling dirasakan setelah menerapkan ASN Berakhlak adalah saya semakin aware dan menyadari bahwa ketujuh nilai dasar ASN Berakhlak dapat meningkatkan kualitas pekerjaan sebagai ASN dan dari segi kuantitasnya juga dapat meningkat. Berpengaruh juga pada bagaimana berhubungan baik dengan rekan kerja dan pimpinan, serta memberikan dampak yang berarti bagi instansi serta peningkatan pengambangan kualitas diri juga mendapatkan pengaruh. |
650 | # | 4 | $a Pengembangan Kurikulum Baru |
700 | 0 | # | $a Dr. Rafiqa, S.Pd., M.Pd (Mentor) |
700 | 0 | # | $a Fajar Lingga Prasetya, S.AB (Coach) |
856 | # | # | $a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :