Logo

Perpustakaan Pusat LAN RI

Gedung Makarti Bhakti Nagarti, Lantai 1. Jl. Administrasi II No.24 9, RT.9/RW.9, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Detail Katalog

ID: 20946
Cover Tidak Tersedia

Gambar cover belum diupload

50 Tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945 - 1995 : Suatu Analisis Kebijakan / H.A.R. Tilaar

Edisi: Cetakan ke 1

Pengarang:
Tilaar, H.A.R.
Penerbit:
Grasindo,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Tahun Terbit:
1995
Bahasa:
ind
Subjek
Pendidikan
Deskripsi Fisik:
xxxiv, 1056 halaman : ilus ; 23 cm
ISBN:
979 553 687 7
Nomor Panggil:
370 TIL l
Control Number:
INLIS000000000020450
BIB ID:
0010-0625000192
Catatan
Pendidikan nasional tidak terlepas dari proses Kebangkitan Nasional I yang memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Gerakan nasionalisme seperti Boedi Oetomo, mencantumkan pendidikan sebagai salah satu program perjuangannya, demikian pula organisasi sosial masyarakat baik yang bercorak keagamaan maupun yang nasional, semua berusaha untuk menyadarkan bangsa ini akan penderitaannya sebagai bangsa terjajah. Gerakan pendidikan nasional Taman Siswa dan INS Kayutanam menjadi pelopor pendidikan nasional yang beridentitas budaya (suku) bangsa sebagai tandingan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kolonial yang diarahkan kepada keperluan penjajah. Pendidikan, baik yang telah diberikan oleh pemerintah kolonial maupun oleh gerakan nasionalisme, secara langsung atau tidak langsung telah memberikan andil dalam proses lahirnya proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Buku ini menyajikan analisis kebijakan pendidikan nasional selama 50 tahun dengan latar belakang tumbuhnya sejak masa penjajahan Belanda dan pendudukan militarisme Jepang. Pelajaran yang dapat ditarik dalam kurun waktu tersebut ialah proses lahir dan berkembangnya sistem pendidikan nasional dengan segala permasalahannya, namun tetap menjadi penggerak kesatuan dan persatuan bangsa, serta meletakkan dasar yang semakin kokoh bagi masyarakat dan bangsa agar semakin cerdas memasuki Era Kebangkitan Nasional II serta Abad 21 yang penuh dengan tantangan nilai-nilai baru.
Status
Tersedia di OPAC Bibliografi Nasional Indonesia Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode Nomor Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000023775 370 TIL l Dapat dipinjam Perpustakaan LAN Jakarta Tersedia
Format MARC21 - Total 16 field
Tag Ind1 Ind2 Nilai Urutan
001 _ _ INLIS000000000020450 1
005 _ _ 20250630084957 2
035 # # $a 0010-0625000192 3
007 _ _ ta 4
008 _ _ 250630################g##########0#ind## 5
020 # # $a 979 553 687 7 6
082 # # $a 370 7
084 # # $a 370 TIL l 8
100 _ # $a Tilaar, H.A.R. 9
245 1 # $a 50 Tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945 - 1995 : $b Suatu Analisis Kebijakan /$c H.A.R. Tilaar 10
250 # # $a Cetakan ke 1 11
260 # # $a Jakarta :$b Grasindo,$c 1995 12
300 # # $a xxxiv, 1056 halaman : $b ilus ; $c 23 cm 13
650 # 4 $a Pendidikan 14
520 # # $a Pendidikan nasional tidak terlepas dari proses Kebangkitan Nasional I yang memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Gerakan nasionalisme seperti Boedi Oetomo, mencantumkan pendidikan sebagai salah satu program perjuangannya, demikian pula organisasi sosial masyarakat baik yang bercorak keagamaan maupun yang nasional, semua berusaha untuk menyadarkan bangsa ini akan penderitaannya sebagai bangsa terjajah. Gerakan pendidikan nasional Taman Siswa dan INS Kayutanam menjadi pelopor pendidikan nasional yang beridentitas budaya (suku) bangsa sebagai tandingan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kolonial yang diarahkan kepada keperluan penjajah. Pendidikan, baik yang telah diberikan oleh pemerintah kolonial maupun oleh gerakan nasionalisme, secara langsung atau tidak langsung telah memberikan andil dalam proses lahirnya proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Buku ini menyajikan analisis kebijakan pendidikan nasional selama 50 tahun dengan latar belakang tumbuhnya sejak masa penjajahan Belanda dan pendudukan militarisme Jepang. Pelajaran yang dapat ditarik dalam kurun waktu tersebut ialah proses lahir dan berkembangnya sistem pendidikan nasional dengan segala permasalahannya, namun tetap menjadi penggerak kesatuan dan persatuan bangsa, serta meletakkan dasar yang semakin kokoh bagi masyarakat dan bangsa agar semakin cerdas memasuki Era Kebangkitan Nasional II serta Abad 21 yang penuh dengan tantangan nilai-nilai baru. 15
990 # # $a 140316403 16
Penjelasan Field MARC21:
  • 001: Control Number
  • 005: Date and Time of Latest Transaction
  • 020: ISBN
  • 100: Main Entry - Personal Name
  • 245: Title Statement
  • 250: Edition Statement
  • 260: Publication Information
  • 300: Physical Description
  • 650: Subject
  • 700: Added Entry - Personal Name
Informasi Katalog

Ditambahkan: 30 Jun 2025
Export