Detail Katalog
ID: 20946Cover Tidak Tersedia
Gambar cover belum diupload
50 Tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945 - 1995 : Suatu Analisis Kebijakan / H.A.R. Tilaar
Edisi: Cetakan ke 1
Pengarang:
Tilaar, H.A.R.
Tilaar, H.A.R.
Penerbit:
Grasindo,
Grasindo,
Tempat Terbit:
Jakarta :
Jakarta :
Tahun Terbit:
1995
1995
Bahasa:
ind
ind
Subjek
Pendidikan
Deskripsi Fisik:
xxxiv, 1056 halaman : ilus ; 23 cm
xxxiv, 1056 halaman : ilus ; 23 cm
ISBN:
979 553 687 7
979 553 687 7
Nomor Panggil:
370 TIL l
370 TIL l
Control Number:
INLIS000000000020450
INLIS000000000020450
BIB ID:
0010-0625000192
0010-0625000192
Catatan
Pendidikan nasional tidak terlepas dari proses Kebangkitan Nasional I yang memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Gerakan nasionalisme seperti Boedi Oetomo, mencantumkan pendidikan sebagai salah satu program perjuangannya, demikian pula organisasi sosial masyarakat baik yang bercorak keagamaan maupun yang nasional, semua berusaha untuk menyadarkan bangsa ini akan penderitaannya sebagai bangsa terjajah. Gerakan pendidikan nasional Taman Siswa dan INS Kayutanam menjadi pelopor pendidikan nasional yang beridentitas budaya (suku) bangsa sebagai tandingan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kolonial yang diarahkan kepada keperluan penjajah. Pendidikan, baik yang telah diberikan oleh pemerintah kolonial maupun oleh gerakan nasionalisme, secara langsung atau tidak langsung telah memberikan andil dalam proses lahirnya proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.
Buku ini menyajikan analisis kebijakan pendidikan nasional selama 50 tahun dengan latar belakang tumbuhnya sejak masa penjajahan Belanda dan pendudukan militarisme Jepang. Pelajaran yang dapat ditarik dalam kurun waktu tersebut ialah proses lahir dan berkembangnya sistem pendidikan nasional dengan segala permasalahannya, namun tetap menjadi penggerak kesatuan dan persatuan bangsa, serta meletakkan dasar yang semakin kokoh bagi masyarakat dan bangsa agar semakin cerdas memasuki Era Kebangkitan Nasional II serta Abad 21 yang penuh dengan tantangan nilai-nilai baru.
Buku ini menyajikan analisis kebijakan pendidikan nasional selama 50 tahun dengan latar belakang tumbuhnya sejak masa penjajahan Belanda dan pendudukan militarisme Jepang. Pelajaran yang dapat ditarik dalam kurun waktu tersebut ialah proses lahir dan berkembangnya sistem pendidikan nasional dengan segala permasalahannya, namun tetap menjadi penggerak kesatuan dan persatuan bangsa, serta meletakkan dasar yang semakin kokoh bagi masyarakat dan bangsa agar semakin cerdas memasuki Era Kebangkitan Nasional II serta Abad 21 yang penuh dengan tantangan nilai-nilai baru.
Status
Tersedia di OPAC
Bibliografi Nasional Indonesia
Karya Tulis Ilmiah Nasional
Informasi Eksemplar & Metadata
Nomor Barcode | Nomor Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
00000023775 |
370 TIL l |
Dapat dipinjam | Perpustakaan LAN Jakarta | Tersedia |
Format MARC21 - Total 16 field
Tag | Ind1 | Ind2 | Nilai | Urutan |
---|---|---|---|---|
001 | _ |
_ |
INLIS000000000020450 | 1 |
005 | _ |
_ |
20250630084957 | 2 |
035 | # |
# |
$a 0010-0625000192 | 3 |
007 | _ |
_ |
ta | 4 |
008 | _ |
_ |
250630################g##########0#ind## | 5 |
020 | # |
# |
$a 979 553 687 7 | 6 |
082 | # |
# |
$a 370 | 7 |
084 | # |
# |
$a 370 TIL l | 8 |
100 | _ |
# |
$a Tilaar, H.A.R. | 9 |
245 | 1 |
# |
$a 50 Tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945 - 1995 : $b Suatu Analisis Kebijakan /$c H.A.R. Tilaar | 10 |
250 | # |
# |
$a Cetakan ke 1 | 11 |
260 | # |
# |
$a Jakarta :$b Grasindo,$c 1995 | 12 |
300 | # |
# |
$a xxxiv, 1056 halaman : $b ilus ; $c 23 cm | 13 |
650 | # |
4 |
$a Pendidikan | 14 |
520 | # |
# |
$a Pendidikan nasional tidak terlepas dari proses Kebangkitan Nasional I yang memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Gerakan nasionalisme seperti Boedi Oetomo, mencantumkan pendidikan sebagai salah satu program perjuangannya, demikian pula organisasi sosial masyarakat baik yang bercorak keagamaan maupun yang nasional, semua berusaha untuk menyadarkan bangsa ini akan penderitaannya sebagai bangsa terjajah. Gerakan pendidikan nasional Taman Siswa dan INS Kayutanam menjadi pelopor pendidikan nasional yang beridentitas budaya (suku) bangsa sebagai tandingan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kolonial yang diarahkan kepada keperluan penjajah. Pendidikan, baik yang telah diberikan oleh pemerintah kolonial maupun oleh gerakan nasionalisme, secara langsung atau tidak langsung telah memberikan andil dalam proses lahirnya proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Buku ini menyajikan analisis kebijakan pendidikan nasional selama 50 tahun dengan latar belakang tumbuhnya sejak masa penjajahan Belanda dan pendudukan militarisme Jepang. Pelajaran yang dapat ditarik dalam kurun waktu tersebut ialah proses lahir dan berkembangnya sistem pendidikan nasional dengan segala permasalahannya, namun tetap menjadi penggerak kesatuan dan persatuan bangsa, serta meletakkan dasar yang semakin kokoh bagi masyarakat dan bangsa agar semakin cerdas memasuki Era Kebangkitan Nasional II serta Abad 21 yang penuh dengan tantangan nilai-nilai baru. | 15 |
990 | # |
# |
$a 140316403 | 16 |
Penjelasan Field MARC21:
- 001: Control Number
- 005: Date and Time of Latest Transaction
- 020: ISBN
- 100: Main Entry - Personal Name
- 245: Title Statement
- 250: Edition Statement
- 260: Publication Information
- 300: Physical Description
- 650: Subject
- 700: Added Entry - Personal Name
Aksi Cepat
Informasi Katalog
Ditambahkan: 30 Jun 2025