Judul | PINTER : Peningkatan Inovasi Pembelajaran Interaktif / Andri Dwi Utomo, S.Kom., M.T |
Pengarang | Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor) Muskamal, S.Sos., M.Si (Coach) |
Penerbitan | Makassar : Puslatbang KMP RI LAN Makassar, 2024 |
Deskripsi Fisik | 48 ;30 |
Subjek | Pengembangan modul pembelajaran berbasis PJBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom |
Abstrak | Laporan aktualisasi ini berfokus pada upaya peningkatan inovasi dalam pembelajaran interaktif pada Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie. Latar belakang dari isu yang diangkat adalah kurangnya interaktivitas dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata kuliah teknis seperti Pemrograman Berorientasi Objek (OOP). Modul pembelajaran yang ada masih bersifat konvensional dan tidak mengakomodasi pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning - PjBL) yang lebih aplikatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Isu utama yang diidentifikasi adalah kurangnya inovasi dalam modul pembelajaran, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini, laporan ini mengusulkan pengembangan modul pembelajaran berbasis PjBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan interaktivitas pembelajaran tetapi juga mempersiapkan mahasiswa menghadapi kebutuhan industri teknologi dengan lebih baik. Tujuan dari gagasan ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di program studi dengan menghadirkan pembelajaran yang lebih kolaboratif, interaktif, dan berbasis teknologi. Manfaatnya meliputi peningkatan profesionalisme dosen dalam penerapan teknologi dalam pengajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih aplikatif bagi mahasiswa. Dengan implementasi ini, diharapkan proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Komputer akan lebih relevan dengan kebutuhan dunia industri serta mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis inovasi. Demikian, laporan ini memberikan solusi nyata dalam mendukung pembelajaran modern melalui teknologi, meningkatkan interaktivitas, dan memperkuat kemampuan mahasiswa dalam bidang pemrograman. |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Lokasi Akses Online | PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000018548 | ||
005 | 20241122014819 | ||
007 | ta | ||
008 | 241122###########################0###### | ||
035 | # | # | $a 0010-1124000214 |
245 | # | # | $a PINTER : $b Peningkatan Inovasi Pembelajaran Interaktif /$c Andri Dwi Utomo, S.Kom., M.T |
260 | # | # | $a Makassar :$b Puslatbang KMP RI LAN Makassar,$c 2024 |
300 | # | # | $a 48 ; $c 30 |
520 | # | # | $a Laporan aktualisasi ini berfokus pada upaya peningkatan inovasi dalam pembelajaran interaktif pada Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Teknologi Produksi dan Industri di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie. Latar belakang dari isu yang diangkat adalah kurangnya interaktivitas dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata kuliah teknis seperti Pemrograman Berorientasi Objek (OOP). Modul pembelajaran yang ada masih bersifat konvensional dan tidak mengakomodasi pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning - PjBL) yang lebih aplikatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Isu utama yang diidentifikasi adalah kurangnya inovasi dalam modul pembelajaran, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini, laporan ini mengusulkan pengembangan modul pembelajaran berbasis PjBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan interaktivitas pembelajaran tetapi juga mempersiapkan mahasiswa menghadapi kebutuhan industri teknologi dengan lebih baik. Tujuan dari gagasan ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di program studi dengan menghadirkan pembelajaran yang lebih kolaboratif, interaktif, dan berbasis teknologi. Manfaatnya meliputi peningkatan profesionalisme dosen dalam penerapan teknologi dalam pengajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih aplikatif bagi mahasiswa. Dengan implementasi ini, diharapkan proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Komputer akan lebih relevan dengan kebutuhan dunia industri serta mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis inovasi. Demikian, laporan ini memberikan solusi nyata dalam mendukung pembelajaran modern melalui teknologi, meningkatkan interaktivitas, dan memperkuat kemampuan mahasiswa dalam bidang pemrograman. |
650 | # | 4 | $a Pengembangan modul pembelajaran berbasis PJBL yang memanfaatkan platform GitHub Classroom |
700 | 0 | # | $a Muskamal, S.Sos., M.Si (Coach) |
700 | 0 | # | $a Prof. Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., IPU (Mentor) |
856 | # | # | $a PUSLATBANG KMP LAN RI Makassar |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :